Diskominfo Gelar Sosialisasi E-Walidata Untuk SKPD dan Masyarakat Umum

Daerah50 views

KOTABARU,kabarOne.com- Sosialisasi dan validasi data E-Walidata dalam sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) digelar oleh Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru melalui bidang statistik.

Kegiatan berlangsung di Ballroom Grand Surya Hotel Kotabaru, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Diskominfo Gusti Abdul Wakhid, Selasa (6/8/2024).

Kegiatan ini dihadiri Seluruh SKPD dengan menghadirkan pejabat yang menangani penyediaan data perangkat Daerah.

Aplikasi E-Walidata adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data perencanaan yang dimulai dari tahapan perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan, serta aplikasi ini digunakan guna mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dengan berbasis data.

Kemudian, SIPD dimulai proses E-Walidata yaitu data perencanaan pembangunan daerah yang dilanjutkan dengan proses perencanaan pembangunan daerah, serta analisis dan profil pembangunan daerah.

Proses E-Walidata berisikan tahapan diantaranya perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan data yang melibatkan walidata,produsen data dan pembina data.

Kepala Diskominfo Kotabaru Gusti Abdul Wakhid menyampaikan, E walidata ini sebaiknya harus dibagi dan digunakan ke forum SKPD dan seluruh masyarakat umum, sehingga nantinya apapun visi misi dari Bupati bisa terhimpun baik itu dari pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Dan saat ini data yang dihimpun masih sedikit, maka untuk itu dengan adanya sosialisasi ini bisa berkoordinasi dengan satu sama lain agar semua data dapat di kumpulkan sebanyak banyaknya,” ungkap Kadis Kominfo.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kotabaru Rurien Sri Harjanti memaparkan materi pengenalan E-Walidata pada SIPD RI serta bagaimana cara penyusunan tahapan pada perencanaan pemilihan data berdasarkan urusan.

Dan dari BPS Septiana Nur Santi memaparkan tentang pengenalan satu data Indonesia dan metadata.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *