Pemkab Kotabaru Gelar HUT RI ke-79 di Perkantoran Baru, Teks Proklamasi Dibacakan

Daerah176 views

KOTABARU,kabarOne.com- Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 2024, dipimpin Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Sabtu (17/8/2024).

Upacara Detik-detik Proklamasi Peringatan HUT RI ke- 79 Tahun 2024 digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru, namun kali ini pelaksanaan berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di Perkantoran Baru Desa Sebelimbingan.

Peringatan HUT ke- 79 RI Tahun 2024 ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dimana tema tersebut bertepatan dengan tiga momen penting bagi Negara Indonesia, yaitu penyambutan Ibu Kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan momen pergantian Presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Di peringatan ini bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH dengan dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, Forkopimda, SKPD, Ketua TP- PKK Kotabaru dan Organisasi Wanita lainnya, Camat, Organisasi Masyarakat, dengan peserta upacara terdiri dari ASN Kotabaru, gabungan TNI-Polri, Satpol-PP serta Pelajar. Bahkan sejumlah masyarakat Kotabaru hadir dalam perhelatan tersebut untuk menyaksikan langsung jalannya upacara.

Upacara detik-detik proklamasi berlangsung mulai pukul. 09.25 Wita yang ditandai dengan bunyi sirine mobil selama beberapa detik, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.

32 anggota (Paskibraka) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang berasal dari perwakilan siswa-siswi yang terpilih berasal dari SMA/SMK/MAN di Kabupaten Kotabaru.

Pasukan tampak berbaris rapi dengan pengawalan komandan Erma David pengawal Paskibraka memasuki lapangan dengan pembawa baki seorang siswi dari SMK Bebunga Estate Kecamatan Pamukan Utara Sekar Suci Wahyuningtyas menuju mimbar Bupati Kotabaru dengan langkah tegap, dengan langkah kaki perlahan menaiki anak tangga untuk mengambil Sang Saka Merah Putih.

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Komandan Upacara Lettu Inf. Setiawan dari Kodim 1004 Kotabaru
Berjalan dengan sukses dan khidmat

Pada rangkaian Upacara juga dilaksanakan Penyerahan Piagam Penghargaan yang diterima Bupati Kotabaru dalam Acara Pemimpin Daerah Award 2024 sebagai Kepala Daerah Inovatif Pengembangan Pariwisata yang berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH.

Selanjutnya atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Kotabaru mencapai Status Mandiri, Maju dan Berkembang dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan sebagai Kabupaten dengan Capaian Realisasi Investasi Terbesar ke-II di Kalimantan Selatan Tahun 2023.

Kemudian Penyerahan Hibah dalam rangka Pengembangan Penerapan sistem e-TLE, Penyerahan Hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru kepada STKIP Paris Barantai Kotabaru, dan Hibah kepada Universitas Lambung Mangkurat dalam rangka Program PSDKU di Kotabaru.

Penyerahan Satya Lencana kepada 7 orang, Tali Asih Purna Tugas kepada 3 orang, dan SK Kenaikan Pangkat untuk 3 orang, Penyerahan Penghargaan SKPD dengan hasil Rekonsiliasi Pajak Terbaik Tahun Anggaran 2024, Penyerahan Medali Atlet Berprestasi, dan Penyerahan Santunan Jaminan Kesehatan Masyarakat, serta Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan PT. PLN, sekaligus Peresmian Kantor Bupati Kotabaru di Sebelimbingan, dan Peresmian Aula Bamega Kotabaru yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Kotabaru.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengharapkan, Perkantoran Baru ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru.

” Pada kesempatan ini kita berada di Kantor Bupati di Sebelimbingan, tentunya ini bertepatan dengan moment Peringatan HUT Republik Indonesia 17 Agustus ke- 79 Tahun ini kita melaksanakan penyerahan dan penghargaan yang juga sekaligus Penandatanganan serta penyerahan bantuan,” ungkapnya.

Kata Bupati, kemarin juga diresmikan Panggung Apung dan Mesjid Kapal Pesiar, semua ini di rangkai dengan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79. Moment ini kita ambil karena Kotabaru juga sama Kantor baru di Sebelimbingan sekaligus kita meresmikan bersama-sama dan mudah-mudahan dengan kantor baru ini dengan semangat baru dan kerja yang baru kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru.

Selain itu, kegiatan juga dilanjutkan ziarahke Makam Pahlawan untuk tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Bupati Kotabaru yang merupakan agenda rutin dalam Memperingati HUT RI setiap tahunnya.(HRB).

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *