Investigasi

NGO Jalak Pantau Proyek Pedestrian PPK Kemayoran Hingga PHO

Jakarta – kabarone. com-Pegiat anti korupsi dari NGO Jaring Pelaksana Antisipasi Keamanan (Jalak), Kampanye Sitanggang menegaskan akan terus memantau hingga Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima pekerjaan Penataan Pedestrian di Kuadran B TA 2024 dari kontraktor pelaksana, PT. Varas Ratubadis Prambanan ke Pusat Pengelola Komplek (PPK) Kemayoran.

Pemantauan, jelas Kampanye, murni merupakan wujud dan peran serta masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam pemantauan, pengawasan penyelenggara Negara Republik Indonesia.

“Demi terwujudnya penyelenggaraan negara yang bersih (clear goverment) dan bebas dari KKN sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999,” tegas Kampanye usai rapat klarifikasi, di Kantor PPK Kemayoran, Selasa (27/8/2024).

Rapat klarifikasi digelar oleh Direktur Utama (Dirut) PPK Kemayoran Medi Kristianto, dihadiri beberapa kontraktor rekanan untuk menjawab surat dari NGO Jalak terkait pengerjaan proyek yang diduga tidak sesuai klarifikasi dan adanya pengurangan volume pekerjaan.
Dirut PPK
“Pak Medi ini , Kan teman kita juga kita ingatkan beliau kita kawal beliau.
Kita tidak ingin beliau kecolongan akibat ulah nakal oknum PPK ,Konsultan dan para rekanan yang bekerja tidak sesuai spek dan mengurangi volume,” ujar Kampanye

Menurut Kampanye, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menghindari kebocoran angaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Apalagi, nilai proyek lumayan besar, hampir 20 miliar.

Sementara, Medi menyambut baik masukan dari masyarakat melalui NGO Jalak untuk memperketat pengawasan pelaksanaan proyek Penataan Pedestrian di Kuadran B TA. 2024.

“Semua akan mengawasi dengan ketat,” tegas Medi saat mendengarkan klarifikasi dari,Agus yang mengaku dari Lembaga-lembaga Teknik UI. di depan para rekanan.

Medi mengingatkan, proyek harus dikerjakan sesuai spesifikasi dan tidak ada kontraktor yang mengurangi volume karena yang dibayar sesuai dengan volume pekerjaan, nanti.

Dirut juga menegaskan bahwa ia akan bertanggung jawab atas pelaksanaan proyek. Dan, akan menggantung yang berani macam-macam termasuk Pejabat Pembuatan Komitmen kegiatan Ujannya .

“Saya yang akan bertanggung jawab atas proyek. Kalau ada yang macam-macam, saya sendiri yang akan gantung,” pungkas Dirut mengahiri.
Sementara Dirut PT. Varas Ratu Badis Pramaban Hendrik, selaku pelaksana proyek belum berhasil dikonfirmasi, Hendrik tidak hadir saat pertemuan sama Dirut PPK.
Hanya dihadiri perwakilan mandor Ari, namun mandor Ari tidak berkenan memberikan jawaban konfirmasi wartawan kelihatanya Ari ketakutan ujar teman media yang lain (RED)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

12 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago