Hukum

Himbauan KETUA MA: “JAGA INTEGRITAS”, Syamsul Bahri Ketum (FORSIMEMA) Mengatakan “Betul ucap Ketua MA Intergritas Hakim harus terjaga”

JAKARTA, KABARONE Mahkamah Agung menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial pada Senin malam, 28 Agustus 2023 di hotel Galaxy Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. Turut hadir mendampingi Ketua MA dan juga memberikan pembinaan yaitu yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, para Ketua Kamar, dan para pejabat Eselon 1 dan 2 pada Mahkamah Agung.

Ia menyampaikan bahwa perjalanan menuju badan peradilan yang agung bukanlah perjalanan yang mudah, banyak tantangan yang harus dilalui, meski begitu, ia meminta insan peradilan tidak patah semangat untuk mewujudkan visi misi itu.

Ketua Makamah Agung mengatakan,semua capaian tersebut seakan menjadi tidak terlihat di mata publik, ketika terjadi tindakan tercela oleh segelintir oknum aparatur peradilan.

Sekalipun yang melakukan tindakan tercela jumlahnya hanya satu dua orang, namun gaungnya bisa terdengar hingga ke seluruh pelosok Nusantara.

Untuk itu, ia berharap insan peradilan tetap mampu menjaga integritas, meningkatkan kemampuan, menciptakan inovasi, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, dan menjaga kode etik dengan baik.

“Kalau satu orang sudah berbuat buruk, bukan hanya ia yang terkena imbasnya, namun juga lembaga, maka berhati-hatilah, jaga integritas” katanya.dikutif Makamahagung go.id.

Di tengah banyak nya respons publik terhadap putusan hakim yang notabene di anggap kurang mengedepankan keadilan, kepastian hukum oleh pencari keadilan,Komisi Yudisial ( KY ) dan Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia FORSIMEMA-RI sepakat untuk pengawasan juga pengawalan Media sangat di butuhkan guna mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan,kata Syamsul Bahri selaku Ketua Umum FORSIMEMA-RI.Kamis,29 Agustus 2024

Di kutip dari Press Release KY tgl 23 Agustus 2024 yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Yudisial Sitti Nurjanah bahwa Laporan masyarakat tentang kinerja Hakim lingkungan Peradilan dari Januari s.d Juli 2024 KY menerima 573 Laporan Masyarakat terkait dugaan pelanggaran KEPPH dan 400 tembusan.

Hal ini merefleksikan bahwa besar nya harapan masyarakat terhadap Komisi Yudisial untuk bisa terwujudnya Hakim – Hakim yang berintegritas untuk Peradilan Bersih.

Dengan Momentum HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia yang Ke 79, pencanangan Integritas harus menjadi acuan kinerja Hakim yang lebih baik.

Apa yang di sampaikan oleh Sitti Nurjanah wakil ketua Komisi Yudisial Perihal media massa dapat membantu, menjembatani antara KY dan Publik dan ikut mengontrol dan berpengaruh dalam kekuasaan kehakiman, FORSIMEMA-RI Kelompok Kerja Media Mahkamah Agung Republik Indonesia sudah mendahului nya sejak bulan Agustus 2022.

Justru Pimpinan M.A sudah lebih awal pada tahun 2022 menghimbau serta memberikan masukan Agar Pokja Media yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Media Mahkamah Agung Republik Indonesia FORSIMEMA-RI bisa membantu Peradilan untuk mengedukasikan setiap Putusan Hakim ke masyarakat ( publik ).ucap syamsul Bahri.

Apresiasi Komisi Yudisial kepada insan Pers untuk mewujudkan independensi sistem peradilan adalah Program Prioritas FORSIMEMA-RI yang proses berjalan hingga kini.kata syamsul Bahri

Ketum FORSIMEMA-RI berharap apa yang telah di sampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Yudisial Ibu Sitti Nurdjanah, kolaborasi sinergitas,sikap legowo yang terjalin dengan Keluarga Dharmmayukti bersama FORSIMEMA-RI adalah perwujudan terciptanya Hasil kerja untuk Peradilan bersih yang di dambakan oleh Masyarakat pencari keadilan. ( sena)

Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago