Hari Lahir Kejaksaan, Hanya Kejaksaan Yang Berhak Menjadi Pengendali Perkara!

Hukum66 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kejaksaan Negeri Kotabaru Laksanakan Upacara serta Pemotongan Tumpeng dalam rangka peringatan Hari lahir kejaksaan RI ke- 79, bertempat di halaman kantor Kejaksaan Negeri Kotabaru, Senin (2/9/2024).

Peringatan hari lahir kejaksaan diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kajari Kotabaru dimulai pukul 08.00 wita, diikuti seluruh pegawai dan pejabat utama Kejaksaan Negeri Kotabaru.

Kajari Kotabaru H. Muhammad Fadlan membacakan amanat Jaksa Agung RI mengatakan, pada peringatan hari lahir kejaksaan ke 79 ini, mengangkat tema Hari Lahir Kejaksaan sebagai simbol terwujudnya kedaulatan penuntutan dan advocat general, tema besar ini mencerminkan komitmen kita dalam menjaga kedaulatan hukum dan peran sebagai advocat general.

Pemilihan tema ini menerjemahkan tugas utama kejaksaan sebagai pelaksana tunggal penuntutan. dan kedaulatan penuntutan merupakan prinsip fundamental dalam sistem peradilan pidana Indonesia.dimana kejaksaan memiliki wewenang ekslusif untuk melakukan penuntutan dalam perkara pidana. Ini berarti hanya kejaksaan yang berhak menjadi pengendali perkara dalam perwujudan single prosecution system.

“Peringatan hari lahir kejaksaan negeri tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena kita sudah memperingati hari Adhiyaksa di tanggal 2 juli kemarin, dan tahun ini adalah transisi dan melatih kepada insan adhiyaksa bahwa hari lahir kejaksaan itu ditanggal 2 September tiap tahunnya karena itu adalah keputusan jaksa agung,” jelasnya.

Lebih lanjut, capaian baik kejaksaan selama ini jangan sampai membuat kita berpuas diri, karena tantangan di masa depan masih sangat banyak, oleh karena itu saya mengingatkan seluruh jajaran kejaksaan dari pusat hingga daerah, untuk terus menjaga kepercayaan publik ini kita harus berinovasi dan mengembangkan diri, bekerjalah dengan hati nurani, junjung tinggi nilai- nilai kejujuran, integritas dan profesionalitas dalam setiap tindakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda hari lahir kejaksaan negeri Kotabaru oleh Kajari Kotabaru H. Muhammad Fadlan didampingi ibu ketua IAD Kotabaru Anggiet Fadlan dan disaksikan seluruh insan jaksa kejaksaan negeri Kotabaru.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *