Hukum

Konstatering Sengketa Tanah, Abien Meminta BPN Bersikap Adil

Tanah Bumbu batulicin, kabar one – Walaupun sudah berproses cukup lama, sengketa tanah antara Benny Ardianto atau biasa dipangil Abien yang merupakan seorang pengusaha asal Pagatan Kusan Hilir dengan Edi Sugiarto warga jalan Surya Gandamana, RT. 04, Desa Kotabaru Hulu, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, belum juga selesai.

Hari ini Selasa ( 3/9/2024) di lokasi tanah yang direbutkan kedua belah pihak yang berada di jalan raya Batulicin, Desa Sejahtara Kecamatan Simpang Empat itu di gelar Konstatering atau pencocokan batas tanah sengketa pada berkas perkara oleh Pengadilan Negari (PN) Tanah Bumbu yang dihadiri kedua belah pihak, serta BPN Tanah Bumbu.
Pada kesempatan itu, Abien mengingatkan pihak BPN agar berlaku adil dan tak berpihak kepada pihak mana pun, karena menurut Abien, jika ingin mengambil titik batas dan tahu kebenarannya, maka harus dilakukan pengukuran ulang dari ujung kiri kanan tanah yang disengketakan, bukan di tanah sengketa yang posisinya berada di tengah-tengah.

Sengketa ini telah melalui proses hukum yang panjang sejak tahun 2022. Pada tahap awal di Pengadilan Negeri Batulicin, Eddy Sugiarto dinyatakan sebagai pemilik sah tanah melalui putusan Nomor 9/Pdt.G/2022/PN Bln. Benny Ardianto, yang tidak puas dengan keputusan tersebut, mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Namun, Pengadilan Tinggi Banjarmasin memperkuat putusan PN Batulicin melalui putusan Nomor 70/PDT/2022/PT Bjm, yang kembali mengukuhkan posisi Eddy Sugiarto.

Sementara pihak penggugat selaku pemohon eksekusi, Eddy Sugiarto menyebut upaya untuk merebut kembali Tanah yang dia klaim sebagai miliknya itu telah dia menangkan di Pengadilan Negeri (PN) Tanah Bumbu, Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin dan Makamah Agung (MA).(JUN)

Redaksi

Recent Posts

Mantan Kades Sungai Punggawa Laksanakan Reses di Tanah Kelahiran

KOTABARU,kabarOne.com- Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Fraksi Partai Nasdem , M. Zaini melaksanakan Reses di Daerah…

7 hours ago

Reses Pertama Pasca Dilantik, Ini Tempat Mustakim Serap Aspirasi Masyarakat

KOTABARU Kabar One.Com- Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru menggelar reses di dapil masing-masing, salah…

18 hours ago

Diduga Curang, Tanah Puru Proyek Jalan Desa Riding Panjang, Diambil Dari Kebun Kades

Bangka, Kabar One - Salah seorang nara sumber warga Desa Riding Panjang, Kecamatan Belinyu Kabupaten…

20 hours ago

PSGA IAI TABAH Raih Penghargaan Kategori Pratama dan PSGA Inspiratif dalam Ajang Bergengsi PTRG Award 2024

Lamongan,Kabar One.com-Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Lamongan…

1 day ago

Tokoh Dayak Minta Keterlibatan dalam Kabinet Presiden Prabowo Gibran

Jakarta, Kabar One.com-Dalam sebuah pernyataan yang menggugah, Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Dewan Adat Dayak…

1 day ago

PROFIL PROF. SUNARTO, KETUA MAHKAMAH AGUNG TERPILIH PERIODE 2024-2029

JAKARTA,KABAR ONE.COM ; Mahkamah Agung RI baru saja menggelar Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua Mahkamah…

2 days ago