Tradisi Budaya Wiwit Desa Kembangan Patut di Lestarikan

Berita253 views

Lamongan ,Kabar One.com- Tradisi Budaya wiwitan merupakan salah satu ritual yang dilakukan masyarakat Jawa sebelum masa panen padi dilakukan. Tradisi wiwitan ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Namun dalam perkembangannya, tradisi ini mulai ditinggalkan karena perubahan zaman dan arus informasi yang bergerak cepat.

Budaya Wiwit juga masih di lestarikan sebelum panen padi seluruh warga Desa Kembangan Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengadakan Wiwit di tengah sawah Kamis, (05/09/2024).

Kegiatan Wiwit yang selalu di rawat oleh warga Desa Kembangan
adalah bagian dari Budaya kearifan lokal,acara tersebut di hadiri oleh seluruh Gapoktan dan perwakilan HIPPA, perwakilan PPL Dinas Pertanian dan Pihak perwakilan kecamatan Sekaran.

Dalam sambutannya Camat Sekaran di wakili oleh Sekcam Muhammad Khusyairi, SH mengatakan,” Kita bersyukur atas nikmat (panen) yang Allah berikan kepada kita semua. Dengan kita bersyukur insya Allah rejeki akan mengikuti(semakin banyak).

Hal senada di ungkapkan oleh makhid salah petani Desa Kembangan mengatakan,” Alhamdulillah acara Wiwit sudah kita laksanakan setiap tahun.kita harus lestarikan budaya Wiwit.itu semua kita lakukan bagian dari rasa syukur para petani ke pada Allah.kondisi panen ini kita berjibaku dengan air.kebutuhan air bagi petani sangat penting .kami para petani memohon lewat Tradisi Budaya Wiwit inilah semoga pemerintah Kabupaten Lamongan memikirkan distribusi air agar lancar,” ungkapnya ( As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *