Bersama Bupati Panen Raya Inpari Varietas 47 dan Pembagian SK Penetapan Kelompok Tani OKU Timur

Daerah112 views

OKU Timur ,Kabar One.com- Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur sukses menggelar Panen Raya Varietas Inpari 47 WBC dengan Sistem Budidaya Salibu yang digelar di Desa Sumber Suko Jaya, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Kamis (12/09/2024).

Selain dilaksanakan panen raya, juga dilaksanakan pembagian Surat Keputusan (SK) Penetapan Kelompok Tani se-OKU Timur oleh Bupati OKU Timur, dan penyerahan bantuan simbolis Alsintan. Dalam kegiatan ini juga petani yang hadir memperoleh POC BioEnos, yang merupakan produk Pemerintah OKU Timur yang diproduksi dari pemanfaatan limbah TPA di OKU Timur.

Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan produktivitas atau provitas dan produksi padi di Bumi Sebiduk Sehaluan tembus 10 besar tingkat nasional.

“Kabupaten OKU Timur berhasil mencatatkan prestasi gemilang di bidang pertanian, khususnya dalam hal produktivitas dan produksi padi. Dengan produktivitas padi mencapai 6,72 ton GKG/ha dan produksi padi sebesar 716.876 ton GKG,” ujar Enos.

“Prestasi ini menempatkan OKU Timur pada posisi ke-8 nasional untuk produktivitas dan posisi ke-9 untuk produksi padi, sekaligus menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang mencapai posisi ini. Selain itu, lahan kering di OKU Timur mencapai 147.855 hektare, sehingga total potensi lahan yang dimiliki Kabupaten ini mencapai 207.377 hektare,” terangnya.

“Diharapkan dengan panen padi varietas inpari 47 WBC ini, produksi padi di OKU Timur makin meningkatkan hasil produksi padi dan pembagian surat keputusan untuk kelompok tani bertujuan untuk mempermudah pembagian pupuk bersubsidi yang kuotanya terbatas,” tutupnya.

Kemudian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, Junadi, S.P., M.M mengatakan pencapaian produksi padi ini menunjukkan pencapaian yang positif dalam realisasi luas tanam, panen, dan produksi padi di Kabupaten OKU Timur. Hal ini menunjukkan pencapaian yang positif untuk target produksi padi 1 juta ton GKP.

Dalam kegiatan Panen Demarea Inpari 47 di Sumber Suko Jaya ini juga dilaksanakan pembagian SK Kelompok Tani oleh Bupati OKU Timur. Sebanyak 3.000 lebih yang sudah dibagikan di OKU Timur dan kali ini pembagian untuk Kelompok Tani di 10 Kecamatan.

“Pada tahun 2023, luas tanam mencapai 112.315 hektare dengan luas panen 108.700 hektare, provitas 6,72 ton GKG/ha, dan produksi padi meningkat menjadi 716.876 ton GKG,” ujarnya.

“Total luas panen sampai dengan tanggal 17 Mei 2024, seluas 60.944 Ha dengan produksi 493.000 ton GKP pada MT-1. Untuk menuju 1 juta ton masih kurang 507.000 ton GKP yang insya Allah akan tercapai pada MT-2, dan MT-3. Bukan tidak mungkin target 1 juta ton GKP dapat tercapai tahun ini. Apalagi Kabupaten OKU Timur merupakan lumbung pangan terbesar di Wilayah Sumatera Selatan” jelas Kadin Pertanian OKU Timur itu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T, Ketua DPW PERHIPTANI Sumatera Selatan Listoyo, S.P.. SE, M.Si, Kepala Balai Besar PPMBTPH Kementrian Pertanian RI, Hj. Meilinda, S.Sos., M.M DPRD Provinsi Sumsel Terpilih sekaligus Dewan Etik PERHIPTANI OKU Timur, Staf Khusus Bupati Bidang Pertanian H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M, Asisten III Setda OKU Timur Sutrisno, S.E., MM, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi, S.P., M.M, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur, M. Yani, S.P, M.M, Polres OKU Timur, Dandim 0403/OKU, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur Yuniharyanto, S.St, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur Hj. Sri Suhartati, SE, M.M, Ketua BPS Kabupaten OKU Timur Ir. H. Budiriyanto, M.A.P., LPHP OKU Raya Sumatera Selatan, Ketua PERHIPTANI OKU Timur, KTNA Kabupaten OKU Timur Muhtadi, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera Belitang, Kepala Balai Pengawasan dan sertifikasi Benih Belitang, Kepala OPD, Camat, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian se-OKU Timur, Penyuluh Pertanian dan POPT, PPEP OKU Timur, serta Perwakilan Kelompok Tani tergabung di Gapoktan se-OKU Timur. (Penulis: Prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *