Bupati, Pasca Dikukuhkan Kepala Desa Jangan Jalan Ditempat; Gali Potensi Desanya

Nasional151 views

KOTABARU,kabarOne.com- Diharapkan bisa gali potensi Desa yang berkualitas, Puluhan Kepala Desa dan BPD di tiga Kecamatan kembali dikukuhkan.

Pengukuhan kali ini digelar ditiga tempat, yaitu Kecamatan Hampang, Kecamatan Kelumpang Hulu dan Kecamatan Kelumpang Hilir.

Untuk Kecamatan Hampang ada 9 Kepala Desa dan 47 anggota BPD, sedangkan Kecamatan Kelumpang Hulu berjumlah 13 Kepala Desa dan 67 BPD, dan Kecamatan Kelumpang Hilir sebanyak 7 Kepala Desa dan 35 anggota BPD.

Dengan dikukuhkannya Kepala Desa dan BPD agar senantiasa meningkatkan serta dan mengembangkan potensi Desa yang berkualitas,” ujar Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar saat pengukuhan, Kamis (12/9/2024).

Bupati Sayed Jafar menegaskan, kepada Kades dan BPD yang baru dikukuhkan agar fokus dalam melaksanakan tugas dan dan konsisten dalam melayani masyarakat, karena tanggung jawab yang diemban merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh integritas dan komitmen.

Pada kesempatan ini Kades dan BPD diberikan amanah dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk masa perpanjangan 2 tahun.

“Dengan dikukuhkannya Kepala Desa dan seluruh anggota BPD agar senantiasa ditingkatkan potensi Desanya, karena tidak mungkin di Desa masing-masing tidak ada potensi Desanya, maka dari itu munculkan potensi Desa yang berkualitas,” harap Bupati.

Katanya, seiring berjalannya waktu kalau tidak memajukan Desanya berati jalan ditempat, sedangkan harapan Pemerintah Kabupaten hingga pusat bagaimana caranya untuk merubah Desa menjadi maju itu dilihat dari potensi Desanya.

“Bangkitkan dan kembangkan semua Desa, paling tidak ada satu Desa yang maju dan bisa mendapat penghargaan dengan upaya dan mendorong baik melalui UMKM yang ada dan bisa dimunculkan,” tambahnya.

Bupati juga menyampaikan, kepala Desa yang dikukuhkan agar meningkatkan kinerjanya, mengingat beberapa fasilitas yang akan dilengkapi oleh Pemerintah Daerah berupa mobil Dinas dalam menunjang pekerjaan serta keperluan lainnya.

Diakhir acara, Bupati didampingi pejabat Porkopimca dan didampingi Kepala DPPPAPPKB menyerahkan 2 unit sepeda motor untuk operasional lapangan penyuluh KB di Kecamatan Hampang.

Sementara itu, Kepala DPPPAPPKB Kotabaru Sri Sulistiyani mengatakan, ini merupakan kendaraan operasional penyuluh KB untuk meningkatkan kinerja mereka dilapangan, dan merupakan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting supaya penyuluh KB memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat.

“Untuk tahun ini kita mendapatkan unit berupa trail sebanyak 18 unit dan motor bebek sebanyak 20 unit, ini akan diberikan kepada penyuluh KB di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kotabaru,” sebutnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *