Babinsa Jajaran kodim 0812 Lamongan Beri Pelatihan Kepada Siswa Siswi SMA SMP Jelang Lomba PBB di HUT TNI ke 79

Hankam69 views

Lamongan,Kabar One.com- Personil TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan melalui Bintara pembinaan desa di wilayah Koramil jajaran terlihat gencar memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa dan siswi SMP ataupun SMA dalam rangka membentuk karakter disiplin dan jiwa nasionalisme serta kesiapan jelang perlombaan PBB yang akan di gelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 79. Minggu (22/09/2024).

Dalam hal ini komandan kodim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P. ,M.Han menjelaskan bahwa digencarkanya latihan PBB ini bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin, kekompakan, loyalitas, serta kepedulian di kalangan pelajar.

“Pelatihan ini sangat penting untuk melatih daya konsentrasi dan solidaritas antar siswa, terutama dalam membentuk kekompakan dalam tim atau kelompok,” ungkapnya.

Latihan PBB ini juga merupakan bagian dari instruksi pimpinan terkait persiapan lomba PBB tingkat SMA dan SMP yang akan digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 79 pada bulan Oktober mendatang.

Setiap Babinsa diinstruksikan untuk mempersiapkan perwakilan dari sekolah-sekolah di wilayah binaan masing-masing.

“Selain aspek kedisiplinan, pelatihan PBB juga membantu siswa belajar mengelola emosi, mendengar dan patuh terhadap instruksi, serta menjaga kekompakan dalam setiap langkah. “Derap langkah yang tegas dan kompak sangat memengaruhi semangat siswa dalam latihan, sekaligus membentuk sikap mental yang baik,” tambahnya.

Sebelum memulai latihan, para Babinsa akan memberikan teori serta contoh gerakan agar siswa mudah memahami dan mengikuti instruksi. Latihan ini menjadi pondasi penting dalam membentuk karakter disiplin, yang menjadi modal utama dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk proses belajar mengajar dan disiplin dalam ibadah.

“Dengan adanya latihan PBB ini, diharapkan para siswa siswi tidak hanya siap menghadapi perlombaan, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan tersebut juga menjadi bagian dari upaya memeriahkan peringatan HUT TNI ke 79 yang akan dilaksanakan pada 5 Oktober mendatang” Pungkasnya. (Anjani.Pendim0812)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *