Talud Dan Beton Proyek Jalan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang Terlihat Rapi Dan Kokoh

Daerah92 views

Pangkalpinang, Kabar One. Com – Pengerjaan proyek peningkatan jalan long segment Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang masih terus berproses, sebagaimana pantauan pada Senin (23/9/2024).

Walaupun belum mulai diaspal, tetapi ada sejumlah pekerjaan yang telah mendekati rampung. Seperti pembuatan talud dan beton bahu jalan (berem).

Untuk talud terlihat rapi dan lurus, tidak terlihat adanya celah pada batu yang menandakan kurang terisi semen.

Demikian pula untuk beton berem, selain rapi juga terlihat kokoh. Ini menandakan adukan campuran batu cor dan semen tampaknya diaduk sesuai spek mengikuti mutu beton sebagaima yang tertera dalam perencanaan.

Salah seorang warga setempat Juhri, membenarkan talud dan beton berem jalan pada proyek tersebut belum lama selesai dikerjakan.

“Belum lama, barusan selesai dikerjakan. “Katanya. Juhri juga mengapresiasi adanya proyek peningkatan jalan tersebut.

“Adanya proyek ini, mudah-mudahan jalan disekitaran komplek Pantai Pasir Padi ini, jadi terlihat lebih rapi dan bagus. “Ujarnya.

Terkait Talud Dia menyebutkan ada kegunaan lain dari fungsi talud ini. “Adanya talud ini juga berguna untuk menahan hempasan gelombang pada bulan 12 (Desember) nanti, yang mana hempasannya hingga ketepi jalan. “Jelas Juhri lagi.

Malah, Juhri mengkritik proyek beton penahan gelombang yang dipasang beberapa ratus meter dari garis pantai beberapa tahun lalu, yang menurutnya tidak berguna sama sekali.

“Kalau beton penahan gelombang yang didepan kita ini, malah tak berguna sama sekali. Gelombang jika pasang, melampau beton tersebut, hingga menggerus tepi pantai dan terjadi pengikisan (abrasi), “beber Juhri.

Juhri menyesalkan dengan tidak berfungsinya beton penahan gelombang tersebut, uang Negara jadi sia-sia.

“Dana besar, mungkin hingga ratusan milyar yang sebelumnya dipakai untuk membangun proyek tersebut tentu mubazir sekali, “ujar Zuhri bernada kecewa.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Pangkalpinang, Saryanto sebagaimana dikutip dari sejumlah media, menyebutkan jika proyek peningkatan jalan long segment pantai pasir padi memang dikerjakan mengikuti spek.

“Proyek ini dikelola Dinas PUPR Kota Pangkalpinang yang diawasi secara ketat oleh konsultan pengawas, PPTK serta PPK proyek, jelas Saryanto beberapa waktu lalu.

Dari plang proyek yang terpasang diketahui proyek ini dikerjakan oleh CV Cintia Putri Pratama senilai Rp 5,2 milyar dengan sumber dana berasal dari APBD Kota Pangkalpinang tahun 2024 yang diawasi oleh Konsultan Supervisi dari PT Serene Techno Abadi. (Suh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *