Daerah

IPLM dan TGM Digelar, Dispersip Gandeng Unlam

KOTABARU,kabarOne.com- Expose Kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat (TGM). digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru.

IPLM dan TGM ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Desa, serta TBM (Taman Baca Masyarakat) dan Perpustakaan Khusus, bertempat di Ballroom Hotel Grand Surya, Sabtu (28/09/24).

Penyelenggaraan IPLM dan TGM ini bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) dengan mendatangkan narasumber Suci Utami, S.H., M.H. M.Han dan Cindyva Thalia Mustika, S.H., M.H sebagai tim peneliti dan pengabdian masyarakat dari Unlam.

Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) merupakan instrumen pengukuran tingkat pembangunan yang diperoleh dari unsur-unsur pembangunan literasi masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam membina dan mengembangkan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat yang bersumber dari data sekunder dan aspek masyarakat untuk mencapai budaya literasi masyarakat.

Kepala Dispersip Kotabaru melalui Sofyan Hamid M. Pd selaku Pembina Perpustakaan mengatakan, bahwa kegiatan IPLM dan TGM ini merupakan kali pertama diselenggarakan dengan tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah.

“Secara nasional memang sudah dilakukan sejak tahun 2022, untuk di Kabupaten Kotabaru dengan dukungan pemerintah daerah, saat ini melalui Perda Nomor 7 Tahun 2023,” ujar Hamid.

Lebih lanjut dijelaskan tujuan kegiatan untuk mengetahui tingkat kegemaran membaca apakah sudah cukup atau rendah, maka dilaksanakan kajian pembangunan literasi bekerjasama dengan tim penelitian dan pengembangan masyarakat Unlam.

“Disebutkan indeks kita sekitar enam koma empat puluh (6,40) bisa dikatakan sedikit rendah, karena capaian nasional secara menyeluruh targetnya tujuh koma satu (7, 1),” jelasnya.

Sedangkan beberapa variabel yang perlu diperbaiki antara lain Ketersediaan koleksi perpustakaan, Ketercukupan tenaga perpustakaan, Peningkatan pemanfaatan perpustakaan, dan Peningkatan sarana prasarana.

“Karena itulah kami mengundang pengelola perpustakaan karena mereka sebagai pengisi unit indikator, sementara kami mengupayakan agar semua Perpustakaan sudah memenuhi standar nasional,” tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Kepala Biro Hukum & Humas M.A terpilih menjadi ketua IKA FH Unisba periode 2024-2029

JAKARTA,Kabar One .com:"Sejarah Baru Musyawarah Nasional Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung dipimpin secara…

15 hours ago

Terobosan Menteri AHY, Wujudkan Penataan Kawasan Kumuh secara Vertikal Pertama Kali di Jakarta Pusat

JAKARTA,Kabar One .com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

22 hours ago

Spirit Al-Maun Jejaki KH. Ahmad Dahlan, Lazismu OKU Timur Bagikan Nasi Kotak untuk Masyarakat

OKU Timur, Kabar One.com– Sprit Al-Ma’un mengajarkan aktualisasi terhadap aspek sosial agar bagai mana umat…

1 day ago

Ketua PC IMM Ngawi Apresiasi Buku Pelukan Ramadan

Ngawi, KabarOne.com – Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Ngawi, Uswatun Hasanah, memberikan…

1 day ago

Ini Kata Ketua DPRD Setelah Ditetapkannya Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

KOTABARU,kabarOne.com- Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kotabaru di laksanakan oleh Komisi…

1 day ago

JAM-Intelijen: “Kehadiran Rumah Adhyaksa Banten Bukti Kejaksaan Peduli Masyarakat Banten

Jakarta, Kabar One.com– Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Reda Manthovani selaku Ketua Pokja Pembangunan Rumah…

2 days ago