Categories: Hankam

Masyarakat Perbatasan RI-PNG dan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma adalah Satu Keluarga

Kabarone.com, Merauke – Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Letkol Inf Abi Kusnianto melakukan dialog interaktif dengan masyarakat Merauke melalui siaran RRI Merauke pada Jumat (11/11). Dialog tersebut dilakukan untuk memperkenalkan Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma ke masyarakat Merauke.

“Dengan jumlah 450 personel, terhitung mulai tanggal 1 Juni 2016, untuk mengamankan perbatasan di sektor selatan bagian bawah, tepatnya mulai dari Kampung Kondo hingga Makadi dengan rentang jarak kurang lebih 225 km,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto di dalam dialog interaktif RRI dengan tema “Keberadaan Satgas Pamtas di Tapal Batas Negara”.

Letkol Inf Abi Kusnianto menambahkan, Satgas Pamtas 407/PK memiliki tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan, mencegah kegiatan illegal di wilayah perbatasan dan melaksanakan pembinaan teritorial.

“Tugas mengamankan wilayah perbatasan, pengamanan patok batas negara dalam hal ini mengecek kondisi patok, apakah mengalami kerusakan atau pergeseran dan memastikan wilayah sekitar perbatasan dalam keadaan aman. Kemudian mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan illegal di wilayah perbatasan. Dan yang paling melekat dengan masyarakat, yaitu melakukan pembinaan teritorial dengan cara komunikasi sosial, bakti TNI dan juga pembinaan kewilayahan. Itu menjadi tugas pokok kami sebagai Satgas Pamtas selama 9 bulan,” jelasnya.

Pada kesempatan dialog interaktif ini Dansatgas yang didampingi oleh staf menyampaikan paparan mengenai program unggulan dari pembinaan teritorial, yaitu program keluarga asuh.

Program keluarga asuh, menurut Dansatgas, diawali dari perasaan bahwa masyarakat perbatasan merupakan bagian dari keluarga Satgas, demikian juga Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK adalah keluarga masyarakat perbatasan, sehingga antara Satgas dengan masyarakat perbatasan tidak ada jarak. “Seluruh anggota yang ada di pos-pos perbatasan memiliki satu atau lebih keluarga asuh sesuai dengan kampung binaan masing-masing pos,” tegas Dansatgas.

“Dari program tersebut sudah terwujud, seperti mengajari masyarakat membuat kerajinan meja dan kursi di Kampung Bokem, alih pengetahuan dalam membuat ikan asin gabus di Kampung Tomerau, mengajari cara membuat penganan donat di Kampung Rawa Biru,” lanjutnya.

Pada kesempatan dialog interaktif dengan masyarakat Merauke, Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan dan pekarangan di sekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara bercocok tanam.

Pada dialog interaktif ini, banyak masyarakat yang memberi semangat dan pujian atas tugasnya dalam mengamankan perbatasan dan memberikan rasa aman di wilayah. Selain itu ada juga yang memberikan masukan agar pelaksanaan tugas semakin baik. “Kami tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik tanpa dukungan dari semua pihak masyarakat Merauke, khususnya yang ada di perbatasan,” ujar Dansatgas. (Vv/

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

10 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago