Categories: DaerahRegional

Gubernur Sumut Hadiri Hari Jadi Kota Gunungsitoli

KabarOne.com, Gunungsitoli- Pelaksanaan Hari Jadi kota Gunungsitoli yang ke- 8 (Delapan) yang turut di hadiri oleh Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi, M.Si beserta rombongan di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Jl. Pancasila Kota Gunungsitoli, Sabtu (26/11) disambut meriah oleh warga dengan suasana hujan.

” Bunga Melati di tengah halaman, pergi kehutan ambil setumpuk, hujan badai bukan halangan, asalkan kita dapat bertemu, ” Ucap Tengku Erry Nuradi di sela-sela sambutannya.

H. Tengku Erry Nuradi M.Si juga menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-8 serta Ucapan Selamat atas peresmian kantor Walikota Gunungsitoli dengan ala pantunnya.

” Gulung Benang di Gulung tali, Dara di hias pakai kain saten, selamat Ulang Tahun yang ke Delapan Kota Gunungsitoli, Makin Berjaya dan Makin paten. ” Ucap Tengku Erry Nuradi dan di sambut dengan tepuk tangan oleh seluruh hadirin.

Satu dua buah pantun yang sudah di sampaikan oleh Tengku Erry seolah tak cukup untuk di sajikan untuk para hadirin, suasana pun semakin meriah.

” Kalau Bukan Karena tinta, tak akan mungkin kita bisa menulis sebaik puisi, kalau tidak karena cinta tak akan mungkin kita datang kesini. ” Cetusnya.

Pada Pidatonya Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwa Kota Gunungsitoli telah lama menjadi ibu kotanya Kepulauan Nias.

” Tentu kita semua ingin maju dan berkembang, apalagi Kota Gunungsitoli baru berusia 8 Tahun, walau pun sebenarnya Gunungsitoli sudah lebih dari 68 Tahun jadi Ibu Kota di Kepulauan Nias. Tapi sesuai dengan UU pemekaran Kepulauan Nias, Setelah Nias di bagi menjadi Nias dan Nias Selatan, 8 Tahun yang lalu Nias kembali melahirkan putranya yang bernama Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli. ” Terangnya memaparkan.

Dijelaskannya bahwa sebagaimana UU NO. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang sekarang di rubah menjadi UU NO. 23 Tahun 2014 bahwa Hakikatnya suatu Daerah intinya adalah mendekatkan Pemerintah kepada Masyarakat.

” Melaksanakan tugas Pemerintah, melaksanakan tugas Pembangunan, serta pelayanan kepada Masyarakat. Dengan adanya pemekaran berarti tugas Pemerintah akan lebih cepat di laksanakan karena pusat ibu Kotanya lebih dekat dengan Masyarakat. ” Tuturnya.

Lanjutnya, Gubernur Sumatera Utara mencontohkan dirinya saat semasa menjadi Bupati selama 8 Tahun memimpin. dan hal ini di sampaikan nya kepada seluruh hadirin dan kepala daerah yang ada di Kepulauan Nias.

” Saya teringat ketika saya menjadi Bupati selama 8 Tahun, ada satu Gerakan yang saya lakukan namanya ” GERBONG SUARA ” ( Gerakan Pembangunan Swadaya Rakyat), jadi intinya adalah pola partisipasi, saya datang ke Desa-desa, ke kecamatan- kecamatan, saya tanya mereka mau di bangun apa…? Sekolah, Pasar, Puskesmas…? Kami siapkan dananya tapi tolong masyarakat menyiapkan lahannya. ” Ucapnya memberi contoh.

Diceritakannya, terobosan- terobosan semasa dirinya menjadi Bupati dapat menjadi inspirasi bagi Kepala Daerah yang ada Di Kepulauan Nias.

” Tahun 2005 sudah 60 Tahun Indonesia merdeka, hanya ada 7 SMA Negeri dari 17 Kecamatan yang ada, setelah 8 Tahun saya selesaikan masa jabatan saya sebagai Bupati, saya meninggalkan SMA dan SMK itu menjadi 28 atau sekitar 400% dalam 8 Tahun, di bandingkan 60 Tahun Indonesia Merdeka hanya bisa di bangun 7 Sekolah. ” Paparnya Menambahkan.

Dianya juga berharap kepada seluruh kepala daerah di Kepulauan Nias mampu melakukan itu dan menyampaikan supaya kalau ada usulan pembangunan Sekolah SMK di Kecamatan-Kecamatan akan di anggarkan.

” Saya Tunggu, Kalau pak Bupati/ Walikota ada lahan untuk di bangun sekolah SMK sampaikan kepada kami dan kami akan menganggarkannya. ” Jelasnya.

Terakhir, Gubernur Sumatera Utara Menyampaikan Yel-yel nya dengan mengucapkan Gunungsitoli maju, Sumatera Utara Paten, Indonesia Hebat…!!!

Amatan KabarOne di lapangan acara hari jadi Kota Gunungsitoli yang ke-8 di hadiri oleh Seluruh Kepala Daerah di Kepulauan Nias, Kapolres Nias, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Dandim 0213 Nias, Kejari Gunungsitoli, Camat dan Kades Sekota Gunungsitoli, dan para pemangku kepentingan lainnya. (Fr. Lature)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

10 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago