Categories: DaerahRegional

Dirjen Perkebunan : Peluang Sektor Pertanian Konawe Utara Sangat Besar

Kabarone.com, Sultra – Bupati Konawe Utara (Konut) H Ruksamin bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang meresmikan penanaman ribuan bibit coklat di lahan seluas 8 hektar di Desa Andomowu, Kecamatan Lasolo, Selasa (29/11/2016). Kegiatan ini dilakukan setelah dilaksanakan upacara Hari Korpri ke-45 di lokasi yang sama.

Kedatangan Dirjen Perkebunan Republik Indonesia di Kabupaten Konawe Utara dalam rangka penanaman perdana tanaman Cacao di lokasi perkebunan Cacao di desa Andomowu Kecamatan Lasolo. Dirjen Perkebunan RI Ir. Bambang,MM yang merupakan mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tenggara. Ada empat MoU yang ditanda tangani pada hari itu, yaitu, MoU antara Pemkab Konut dengan pihak IAIN Institut Agama Islam Negeri Sulawesi Tenggara, MoU dengan Pihak Perbankan dan terakhir MoU dengan Dirjen Perkebunan.

Hal ini dilakukan untuk lebih mempercepat laju pertumbuhan pertanian di daerah ini. Usai melakukan penanaman perdana cacao Ruksamin, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya pemerintah Konut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perkebunan.

“Ini merupakan program perdana kami, dan Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan dari semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat kami bisa mewujudkan program ini dibantu kerja sama dari Dirjen Perkebunan RI. Semoga ini akan menjadi langkah awal kita menuju kesuksesan pembangunan masyarkat Konut di bidang perkebunan. Saya harap ini harus kita manfatkan dengan sebaik-baiknya,” jelas Ruksamin.

Lanjut dia, tadi setelah kita laksanakan Upacara peringatan hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) kita lakukan penandatangan empat MoU atau kontrak kerjasama antara Pemerintah Daerah Konawe Utara dengan pihak Perbankan, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Perguruan Tinggi IAIN Sultra.

Menurutnya, sengaja kegiatan ini dilakukan ditempat ini agar semua pejabat, pegawai dan pemerintah dari Provinsi dan pusat dapat melihat langsung lokasi yang akan kita tanami, awalnya 8 hektar kedepan kita rencanakan sampai ribuan hektar, ungkapnya. Dengan harapan kegiatan upacara peringatan HUT KORPRI di desa Amondowo Kecamatan Lasolo, dirangkaikan dengan kegiatan Penanaman perdana Cacao untuk mengembalikan daerah ini sebagai sentra Cacao di Sulawesi Tenggara seperti 30 tahun lalu saat itu Gubernur Sultra Bpk H. Alala, jelas Ruksamin.

Program ini akan kami terapkan diseluruh Kabupaten Konut. Dengan begitu ke depannya Konawe Utara akan dikenal kaya dengan hasil kebun yang melimpah ruah, dan masyarakatnya yang sejaktera,” ucapnya.

Kepemimpinan Ruksamin-Raup ini mendapatkan apresiasi dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, sehingga masyarakat Konut patut bersyukur akan hal ini. Sementara itu, Dirjen Perkebunan Pusat, Bambang memberikan apresiasi besar kepada Pemda Konut yang betul-betul memajukan potensi daerah dari berbagai lining sektor.

“Saya salut dengan kepemimpinan Pak Ruksamin dan Pak Raup, ini merupakan contoh bagi daerah lain untuk memajukan ekonomi masyarakatnya, betul-betul dimanfaatkan kondisi alam yang ada. Konut saya yakin akan semakin maju, tambang ada, wisatanya ada, sekarang program perkebunan dan pertanian sementara digenjot inilah salah satu bukti masyarakat Konut akan menuju kesuksesan,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan berbagai program yang dijalankan, semua stakeholder bisa menjalin kerja sama yang baik dan saling mendukung sehingga dapat terlaksana dengan baik sampai ke generasi penerus. Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Perkebunan RI, Ir. H. Bambang,.MM yang merupakan mantan Kadis Perkebunan Sultra, wakil Bupati Konut, kadis Pertanian se-Sulawesi Tenggara, Dan Dim 1417/KDI, Rektor IAIN Kendari, Pimpinan Bank Sultra, Ketua DPRD Konut dan anggotanya, SKPD Dan Ramil Asera, Dan Ramil Lasolo, Kapolsek Asera, Kapplsek Lasolo, Kapolsek Sawa dan Kapospol Molawe. (Andi Jumawi)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Kapolres Jakarta Timur untuk mengungkap kasus yang berhujung dugaan pembunuhan.

Jakarta, Kabar One.com-Laporan pengaduan hingga kini belum terungkap atau belum ada realisasi penanganan kasus yang…

17 mins ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

6 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

19 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

20 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

20 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

22 hours ago