Categories: LipsusLiputan Khusus

Program Jumat Barokah KONASARA Konawe Utara

Kabarone. com, Wanggudu – Bupati Konawe Utara,  H. Ruksamin menetapkan setiap hari Jumat terakhir setiap bulan sebagai Jumat Barokah  KONASARA Konawe Utara Sejahtera dan Beradab dengan tujuan terjun langsung ke masyarakat terutama kepada masyarakat di desa yang memiliki tingkat kesulitan tertinggi dengan melibatkan semua SKPD.
Jumat Barokah KONASARA untuk kali pertama dilaksanakan di desa Pondoa Kecamatan Lamonae daerah paling ujung utara Kabupaten Konawe Utara yang berbatasan langsung daerah Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Utara, kegiatan ini berlangsung Jumat, (27/1/17).
Hasil pantauan awak media ini di lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut ternyata hal ini bermakna dan bernuansa Islami dan sosial kemasyarakatan karena kegiatan ini ternyata berisi sejumlah kegiatan amal para kepala SKPD dan jajarannya untuk memberikan bantuan atau sedekah kepada warga di daerah yang di kunjungi sebagai tempat pelaksanaan Jumat Barokah Konasara ini. Adapun hal yang dilakukan Bupati bersama Wakil dan para Kepala SKPD dan sejumlah ASN lainnya adalah pertama olah raga senam bersama warga serta memberikan bantuan langsung berupa perbaikan atau rehab rumah warga, bahkan ada pembangunan rumah baru yang mana sebelum rumah itu dibangun terlebih dulu lokasinya di gusur menggunakan Exacavator dan di ratakan dengan Buldoser, selain itu kegiatan pembuatan WC,  penyuluhan tentang pertanian,  pembuatan kebun PKK,  pembukaan lahan kebun untuk tanaman jagung, pembuatan lapangan sepak bola, pembenahan dan pelayanan secara langsung serta pemberian bantuan perbengkelan dan sejumlah bantuan lainnya bahkan sejumlah urusan warga yang berkaitan dengan dinas terkait langsung dilayani di tempat tersebut, seakan-akan pemerintahan Konawe Utara berpindah ke Desa Pondoa karena semua urusan warga bisa di selesaikan hari itu juga tanpa harus repot-repot lagi ke Kota Wanggudu dengan menempuh perjalanan sekitar 100 km jauhnya,  bahkan sebagian jalannya masih rusak sehingga Dinas PU Konut hari itu langsung melakukan pembenahan menggunakan Exacavator dan Bulldozer.
Saat di wawancara H. Ruksamin mengatakan,  “Kami sangat bersyukur melihat antusias masyarakat di daerah ini,  dimana kedatangan kami disambut dengan begitu antusias terlebih lagi setelah dilakukan olah raga bersama nampak di wajah mereka rasa senang dan bahagia atas kedatangan pemerintah daerah bersama rombongan, kata H. Ruksamin Bupati  Konawe Utara.
Lanjut dia,  kegiatan ini kami tetapkan setiap hari Jumat terakhir setiap bulan adalah Hari Jumat Barokah Konasara dan kegiatan semacam ini akan kita gilir untuk setiap kecamatan dan dalam setahun itu ada 13 kecamatan yang akan kita jangkau jadi nanti ada dalam sebulan dua kali dilaksanakandan aksinya sama seperti ini, melakukan kegiatan pelayanan,  penyuluhan, pemberian bantuan dan melihat langsung potensi desa dan kendala apa yang dihadapi masyarakat di desa itu dan yang bisa kita lakukan akan kita lakukan demi kemajuan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat daerah ini,  jelas Bupati Konut.
Selain kegiatan di atas Bupati dan wakil Bupati Konut melakukan peninjauan kebun masyarakat daerah itu yang berisi tanaman Merica. Ternyata lahan warga desa Pondoa ini begitu luas dan berisi tanaman Merica, sekitar 7.000 pohon siap panen, dan saat sekarang ini masih melakukan penanaman dan pemeliharaan bibit merica jenis Bangka Belitung yang cocok dengan kondisi tanah di desa Pondoa.
Terkait kunjungan bupati bersama wakilnya di kebun Merica warga Pondoa mengatakan,  kita patut apresiasi antusias warga di desa ini untuk sektor pertanian dimana lahan dan tanaman mericanya sudah siap panen dan jumlahnyapun sudah ribuan pohon bahkan bisa mencapai puluhan ribu,  ungkapnya.  Bahkan warga sudah siap menanam jagung karena sudah mereka uji dan coba menanamnya dan ternyata tanahnya sangat cocok karena baru dua minggu jagungnya sudah selutut tingginya,  jadi memang tanah di sini sangat subur dan cocok sekali untuk dijadikan wilayah pertanian, dan itu langsung direspon masyarakat dan mereka siap untuk menanam jagung yang kita programkan, adapun caranya warga desa ini melakukan tehnik tumpang sari di kebun merica mereka,  beber H. Ruksamin.
Semua ini bisa berjalan,  masih kata Bupati,  tentunya dengan semangat dari para Kepala SKPD dan jajarannya untuk senantiasa bekerja terbaik untuk kemajuan daerah kita ini dan kami harapkan agar masyarakat yang saat ini telah mendapatkan pemahaman dan bantuan dari pemerintah agar dilanjutkan Karena kita selain di desa ini kita akan bergerak terus dan tentunya akan menuju ke desa lainnya sesuai jadwal yang telah dintentukan, pungkasnya.
Kegiatan ini berlangsung hingga malam hari yang mana kegiatan malam di isi dengan kegiatan Yasinan dan Ceramah Dakwah Islamiah. (Andi Jumawi)
redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

8 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

9 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago