Categories: Ragam

Sejumlah Media Online Gelar Deklarasi dan Pengukuhan AMI

Kabarone.com, Jakarta – Pergeseran paradigma (shifting paradigm) dalam dunia jurnalistik menuju makin pentingnya peran media onine di Indonesia menuntut para pewarta cyber maupun pengusaha media untuk untuk lebih bersungguh sungguh menekuni bisnis media online. Seperti diungkapkan oleh Wakil Ketua Asosiasi Media Online Indonesia (AMI) Josua Victor dalam kata pembukaan acara Deklarasi dan Pengukuhan AMI di Takes Mansion & Hotel Lantai IV,” Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet.

“Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Hal ini mendorong kita para jurnalis media online harus segera tanggap membentuk wadah tempat kita bernaung,” Katanya.

Ketua AMI Charles Simbolon menegaskan, “Hari ini kita akan deklarasikan Asosiasi Media Online Indonesia ini, Kita berharap posisi kita sebagai wartawan “abu-abu” yang saat ini belum terlalu jelas karena bergerak secara masing-masing dapat terwadahi dalam organisasi ini. Harapannya agar hak-hak kita sebagai jurnalis online mendapatkan porsi yang sejajar dengan jurnalis media cetak, maupun elektronik yang telah ada lebih dulu,” ungkapnya kepada seluruh peserta Acara Deklarasi dan PENGUKUHAN AMI (22/02/2017).

“Perkembangan IT dan dunia cyber yang sangat pesat juga menimbulkan dampak negative terutama dengan beredarnya berita berita Hoax, maka Peran media online harus dikembangkan kearah yang positif terutama dalam mengedukasi public. Peran AMI adalah memberikan wadah agar rekan rekan yang tergabung di organisasi ini tumbuh dengan baik dalam kerangka membangun bangsa dan Negara Indonesia,” Kata Charles Simbolon.

Peserta dan para anggota AMI sangat antusias dengan terbentuknya Asosiasi ini. Bli Kasiyanto dari wartajakarta.com mengungkapkan, “Upayakan dengan organisasi ini kita lebih memmbangun fungsi kemitraan, seperti kita bekerja sama dengan Dewan Pers sebagai regulator secara positif. Bahkan seharusnya kita bernaung di bawah Dewan Pers. AMI diharapkan dapat menjembatani anggotanya agar dapat bekerja sama dengan Dewan Pers,”harapnya.

Dharma Leksana Pemred dimensinews.com sangat mengapresiasi para penggagas berdirinya AMI,”Kami memberikan apresiasi atas upaya para pengg ini yang telah bekerja keras agar teman teman media online menjadi lebih maju dan sejahtera, yang perlu diingat mengelola wartawan merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Harus benar benar dibangun suatu kesadaran bersama bahwa organisasi ini lahir untuk kepentingan seluruh anggota. Perlu dikembangkan sikap saling menghargai sesame anggota sehingga terlahir sebuah komunitas wartawan Media Online Indonesia. Harapan saya kiranya AMI dapat memperjuangkan kesejahteraan anggotanya.

Adapun acara Deklarasi Asosiasi Media Online Indonesia ini dapat terselenggara berkat kerja sama dengan manajemen TAKES Mansion & Hotel, Garuda Indonesia, Fiesta Black Tea serta dekat TV. Daftar anggota Asosiasi Media Online Indonesia (AMI) saat ini tercatat 72 media online.

Dalam sambutannya, General Manager TAKES Mansion & Hotel Teguh Haryanto juga sangat antusias mendukung lahirnya Asosiasi Media Online Indonesia ini bahkan memberikan support sepenuhnya agar wadah para jurnalis online ini dapat segera terbentuk.

“Kerja sama kemitraan antara Manajemen TAKES Mansion & Hotel dengan AMI semoga dapat terbangun dengan baik. Kami mendukung penuh terbentuknya Asosiasi Media Online Indonesia ini. Hampir semua bidang usaha memerlukan upaya upaya publikasi untuk meningkatkan benefit. Pihak manajemen pasti membutuhkan rekan rekan media semuanya untuk dapat bersinergi sehingga menghasilkan suatu hal hal yang positif,” Ungkapnya.

Acara Deklarasi dan Pengukuhan Asosiasi Medsia Online Indonesia berlangsung dengan lancar dan penuh kekeluargaan, yang diakhiri dengan ramah tamah di Rooftop TAKES Mansion & Hotel dengan acara keakraban. MEDIA ONLINE INDONESIA TUMBUHKAN SEMANGAT BARU PEWARTA CYBER. (red)

redaksi

Share
Published by
redaksi
Tags: headline

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

6 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

8 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

8 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

16 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

20 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago