Categories: MetropolitanRegional

Launching Bank Sampah SMPN 257 Ciracas Jakarta Timur

Kabarone.com, Jakarta – Bertempat di SMPN 257 Kecamatan Ciracas, Kota Administrasi Jakarta Timur, pada Jum’at (24-2), telah dilaksanakan launching program edukatif “Bank Sampah SMPN 257”. Dengan mengedepankan konsep : ‘Bagaimana Mengelola Sampah Di Lingkungan Sekolah’, sehingga menjadikan SMPN 257 menjadi pelopor pertama terbentuknya program Bank Sampah di lingkungan sekolah di Provinsi DKI Jakarta.
Turut hadir pada kegiatan launching yang bertemakan “Sekolah Berwawasan Lingkungan Bersih, Sehat Dan Bermanfaat” tersebut, Kepala Sekolah SMPN 257 Moh.Samin, SPd, MM, Ketua Pengurus Bank Sampah SMPN 257 Sihabudin, SPd, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Jakarta Timur Budi, Kasatlak KLH Ciracas Nani Tolib,, Kasatlak Dinas Pendidikan Ciracas yang diwakili Neni, Camat Ciracas, Lurah Kampung Rambutan, ketua komite sekolah, Danramil, Kapolsek Metro Ciracas, Kasudin Kebersihan Jakarta Timur, para guru dan seluruh siswa.
Saat dikonfirmasi disela kegiatan, ketua pengurus Bank Sampah Sihabudin, SPd, mengatakan “Dasar pemikiran dibentuknya program bank sampah ini, karena banyaknya sampah berserakan di lingkungan sekolah. Sehingga melalui ide brilian dari kepala sekolah Moh.Samin, SPd, MM, dengan penuh semangat, antusias yang berlandaskan atas edukasi anak, maka menggagas terbentuknya bank sampah dan melibatkan orangtua siswa,” jelasnya.
Menurutnya, gagasan ini juga didukung dengan 5 rencana kegiatan (5 action plan) yaitu : 1. Sekolah unggulan, 2. Sekolah ramah anak, 3. Sekolah berwawasan lingkungan hijau dan sehat, 4. Sekolah berwawasan budaya, dan 5. Sekolah berwawasan sosial kemasyarakatan.
Hal ini diimplementasikan dalam bentuk prestasi akademik dan non akademik yang diukir oleh para siswa dengan sangat baik, disamping diterapkannya pengembangan wawasan kebudayaan, untuk kelas 7 Kebudayaan Betawi, kelas 8 Kebudayaan Internasional dan kelas 9 Kebudayaan Nasional. Termasuk juga kegiatan sosial kemasyarakat berupa bantuan pendirian toilet dan kamar mandi untuk rumah warga.
“Awalnya saya tergerak hati untuk membantu pengadaan toilet dan kamar mandi bagi para siswa yang kebetulan rumahnya dekat dan tidak mempunyai kamar mandi, sehingga siswa tersebut sering terlambat datang ke sekolah,” papar kepala sekolah SMPN 257 Moh.Samin, SPd, MM, menambahkan.
Sihabudin,SPd, selaku ketua pengurus bank sampah menambahkan, bahwa sampah yang telah dipilah dimasukan kedalam kantong plastik untuk dijual kepada Sudin Kebersihan dan uangnya akan digunakan untuk membantu kegiatan sekolah, termasuk kegiatan antar kelas.
Iapun mengajak seluruh siswa, orangtua dan para guru untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan rumah, sehingga bermanfaat bagi kita semua, saling bersinerji membantu program Pemprov DKI Jakarta, pungkasnya. (Deny)

redaksi

View Comments

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

13 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

14 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago