Categories: DaerahRegional

Program UHC, Pemkab Lamongan akan Jamin Kesehatan Semua Warganya

Kabarone.com, Lamongan – Pemerintah Kabupaten Lamongan, menargetkan di akhir tahun 2018 nanti, Program Universal Health Coverage (UHC) Lamongan bisa mencapai 100 persen. Langkah nyata pertama yang dilakukan Bupati Lamongan Fadeli untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi semua warganya, yakni dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Dengan menargetkan Universal Health Coverage 100 persen, Bupati Fadeli memastikan setiap warga Lamongan memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan,” tegasnya. Untuk meningkatkan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS), Fadeli dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Gresik dr Galih Anjungsari membubuhkannya dalam MoU. Bupati Fadeli sudah melakukan ikatan kerja sama dengan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Gresik dr. Galih Anjungsari dengan tanda tangan MoU kerjasama, di Pendopo Lokatantra, Jumat minggu kemaren, (26/1/2018).

Saat ini, UHC Lamongan berada di angka 61 persen. Itu berarti dari 1.354.119 warganya, yang sudah terintegrasi dengan JKN ada sebanyak 825.989 orang. “Pelayanan kesehatan, baik itu pelayanan promotof, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang tidak hanya bermutu, namun juga berjangkau, UHC ini sebenarnya sudah bisa dicapai ketika 95 persen penduduk sudah terintegrasi JKN. Namun saya menargetkan 100 persen bisa terintegrasi di 2018,” tuturnya.

Bupati Fadeli juga menyebutkan akan segera dilakukan penyisiran oleh tim teknis, by name by address, siapa saja yang belum terintegrasi layanan JKN. Mereka yang belum ini, nantinya akan dibiayai Pemkab Lamongan. Tidak hanya soal jaminan pembayaran premi dari Pemkab Lamongan, Fadeli jauh hari juga sudah menitik beratkan sejumlah program untuk peningkatan dan pemerataan fasilitas kesehatan. Diantaranya dengan menjadikan seluruh 33 puskesmas sudah terakreditasi. Saat ini, sudah 22 puskesmas yang terakreditasi.

Kemudian bekerjasama dengan RS Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Melalui kerjasama ini, 11 unit pelayanan kesehatan di Lamongan untuk pelayanan kesehatan pasien rujukan bisa dilakukan ke RS Unair.

Terkait target seluruh penduduk Lamongan terintegrasi dalam JKN, Bupati Fadeli membuka inisiasi berbagai pihak, misalnya menggunakan hasil dari Bank Sampah dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk membiayai premi.

Saat ini, Desa Sendangagung Kecamatan Paciran sudah mengambil alih pembayaran 100 persen penduduknya yang termasuk Penerima Bantian Iuran (PBI) dari BUMDes.

Selain itu, sebagai pilot project, ada Desa Butungan dan Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah, Desa Sidorejo Kecamatan Deket, Desa Karanggeneng Kecamatan Karanggeneng yang berkomimen mengikutsertakan 100 persen penduduknya dengan pembiayaan yang berasal dari Bank Sampah. Sementara pada jajaran Camat dan Kepala Puskesmas serta BPJS Cabang Lamongan Bupati Fadeli menekankan untuk konsisten dan bersinergi, turun sampai ke tingkat bawah mensosialisasikan program tersebut dengan meminta komitmen seluruh camat se Kab.Lamongan dengan menandatangani perjanjian seperti ini juga, untuk memastikan capaian 100 persen keikutsertaan BPJS,” ucap Fadeli. (*)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

5 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

9 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago