Categories: DaerahRegional

Pemkot Semarang Distribusikan 75 Tangki Air Gratis Perhari

Kabarone.com, SEMARANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang terus berupaya menormalisasi pasokan air yang masuk ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudu.

Proses normalisasi pasokan air itu, membutuhkan waktu sekitar dua hari sampai distribusi air kembali lancar.

Untuk itu Walikota Semarang Hendrar Prihadi tak tinggal diam, Ia meminta PDAM Tirta Moedal untuk mendistribusikan air melalui tangki secara masif.

Tak kurang dari 75 tangki air terdistribusi setiap hari guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Semarang di wilayah timur, daerah yang terdampak menurunnya debit air di IPA Kudu.

Tercatat ada 50.274 masyarakat pelanggan PDAM Tirta Moedal di wilayah timur Kota Semarang terdampak gangguan aliran air dari IPA Kudu.

Gangguan aliran air tersebut merupakan dampak dari adanya penurunan debit pasokan air baku ke IPA Kudu, Genuk, yang diambilkan dari Bendung Kletak, Klambu, Kabupaten Grobogan.

Penurunan debit pasokan air itu sendiri terjadi dikarenakan masuknya musim kemarau, serta adanya pembangunan rehabilitasi saluran di Bendung Klambu.

Hal tersebut diutarakan, Walikota Semarang di sela-sela kegiatannya menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pelayanan BPKB Ditlantas Polda Jateng, Rabu (9/5).

Dirinya menuturkan, total ada hampir 400 ribu liter air yang terdistribusi kepada warga terdampak gangguan aliran IPA Kudu.

“Kita sosialisasikan, untuk warga terdampak gangguan aliran PDAM Tirta Moedal yang dari IPA Kudu, bisa menghubungi nomor (024)76920999 untuk mendapatkan layanan air tangki,” jelas Walikota

“Gratis! Ini gratis, tidak ada biaya tambahan, terkhusus untuk masyarakat di wilayah timur yang terdampak, jika ada yang berani minta bayar laporkan ke saya” tegasnya.

Ia menjelaskan jika 1 unit tangki dimaksimalkan untuk membawa sekitar 5.000 liter air ke rumah-rumah warga.

“Hari ini saya cek, pengiriman tangki air berjalan lancar dan ini merupakan bentuk penanganan darurat yang dilakukan oleh PDAM Tirta Moedal, tentu saja disamping mengupayakan agar pasokan air di IPA Kudu dapat segera normal,” pungkasnya.

Terkait normalisasi distribusi air dari IPA Kudu sendiri, Hendi meyakinkan jika sudah ada beberapa upaya yang mulai dilakukan PDAM Tirta Moedal.

“Laporan yang masuk ke saya, PDAM Tirta Moedal sudah mengupayakan penambahan air baku dari Sungai Dombo di Sayung, Sungai Serang di Gubug, dan beberapa sungai lainnya. Bila itu belum mencukupi maka akan diambilkan air dari IPA Kaligarang,” terang Hendi, sapaan akrab Wali Kota.

“Namun tentu saja butuh waktu untuk memasang pompa air untuk mengambil pasokan air dan lainnya, harapan saya tentu saja bisa lebih cepat normal dari estimasi awal,” tutupnya. (Amr)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

3 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

16 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

16 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

17 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

19 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

1 day ago