Categories: DaerahRegional

Sosialisasi Program Pamsimas III, Ini Kata Tim Pamsimas Suyono

Kabarone.com,LAMONGAN – Pelaksanaan sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III di desa Banjarejo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Selasa (3/7/2018).
Program Pamsimas III ini harus dijalankan secara efekif dan efisien, selain melibatkan banyak pihak, program ini juga menghabiskan dana yang besar.
Hal ini perlu dilakukan mengingat target Nasional pada RPJMN 2015-2019 yang mengamanatkan program 100-0-100 yakni 100 persen akses aman air minum, 0 persen bebas kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang layak.

Kegiatan sosialisasi yang digelar ini bertujuan untuk mengenalkan program Pamsimas III kepada masyarakat serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembangaan lokal dalam penyelenggaraan program “penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis pada masyarakat” yang dihadiri oleh Tim Pamsimas Kabupaten Lamongan
Suyono bersama Indra Tim Teknik dan Aris Tim Administrasi.

Sementara, Adam Malik selaku Kepala Desa Banjarejo dalam sambutannya mengatakan, “Dia menyampaikan terima kasih banyak kehadiran Tim dari Pamsimas III Kabupaten atas terselenggarakannya adanya sosialisasi Pamsimas III di desa kami. Ini sebagai wujud kami selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Kabupaten, hal ini dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan yang ada di Kabupaten Lamongan. Maka dari itu kami berharap agar Program ini bisa direalisasikan karena masyarakat benar-benar butuh akan kebutuhan air,”ujar Adam Malik dengan nada semangat.

Pada kesempatan yang sama Suyono Tim Pamsimas III Kabupaten Lamongan mengatakan, “Program Sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dilaksanakan di Desa Banjarejo ini karena sangat membutuhkan air minum.
Kami bersama Tim datang kesini atas undangan pemerintah desa Banjarejo terkait usulan Pak Kades Adam Malik beberapa minggu lalu,” jelasnya.

Lebih lanjut Suyono, Apa yg dihasilkan yakni pembentukan kader, pembuatan proposal. Ada 7 dusun di Desa Banjarejo. Untuk Dusun Banjaran sudah masuk dalam usulan dari anggaran P.A.K. maka untuk saat ini di tangguhkan terlebih dahulu dan meneruskan ke dusun yang belum masuk pada usulan pengajuan. Mbak Indra selaku Tim Pamsimas III akan siap membantu pembentukan kader. Untuk Sosdes (Sosialisasi Desa) merupakan kelanjutan dari Sosakab (Sosialisasi Kabupaten). Habis sosialisasi, survei lokasi pembuatan, verifikasi faktual, calon desa sasaran dan Pemicuan,” ujar Tim Pamsimas III Kabupaten Suyono.

Bahwa kehadiran program Pamsimas sejauh ini telah membantu Pemerintah Daerah. Sebab APBD Kabupaten Lamongan belum mampu mengakomodir semua kebutuhan masyarakat. Sehingga setiap peluang pembiayaan dari Pemerintah Pusat dan bantuan lain yang tidak mengikat harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Suyono mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program Pamsimas ini agar ke depan dapat berjalan sesuai harapan, terutama kendala-kendala yang terjadi di masyarakat, sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para pihak terkait mendapat pemahaman serta ikut berpartisipasi dalam program Pamsimas III ini.

Sedangkan Indra selaku Tm Tekhnik menjelaskan, “Siap membantu dalam Penyusunan proposal untuk membantu Tim penyusun proposal Desa, yakni dari unsur Perangkat Desa, unsur Masyarakat, unsur Kader dan Tim yang lain,” pungkasnya (red).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

3 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

7 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago