Categories: DaerahRegional

IZI Jateng Gelar Layanan Kesehatan Gratis Keliling di Kemijen

Kabarone.com, SEMARANG – Ratusan warga Kelurahan Kemijen, Semarang Timur Kota Semarang, mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, Selasa (25/9/2018).

Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah bekerja sama dengan YBM PT PLN memberikan layanan kesehatan keliling tersebut di Masjid Baitul Huda, Jalan Cilosari Dalam IV, RW 6, Kelurahan Kemijen, Semarang Timur‎, Kota Semarang.

Ketua Divisi Pendayagunaan IZI Jateng‎, Rafngi Mufidah‎ menjelaskan, layanan kesehatan keliing itu diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Wilayah ini termasuk padat penduduk dan jauh dari pelayanan kesehatan. Makanya kali ini kami memberikan pelayanan kesehatan keliling di sini,” ujar dia.

Adapun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, pemberian obat secara gratis dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat.

Bertindak sebagai tim medis, IZI Jateng bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Dikatakan, layanan kesehatan yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB itu ditargetkan diikuti minimal sebanyak 150 pasien. Jumlah itu terdiri dari 100 pasien umum dan 50 pasien lainnya balita.

“Sampai‎ siang sudah 90 persen dari target warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis ini. Perkiraan 150 pasien akan tercapai,” katanya.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, hasilnya beberapa warga masyarakat mengalami tensi darah dan kolesterol yang tinggi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang keliru, dinilai menjadi penyebab banyak warga yang mengalami kondisi tersebut.

Usai berkonsultasi dengan dokter, salah satu warga RW 6 Kelurahan Kemijen, Aisyah mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada IZI Jateng serta YBM PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY yang telah menyelenggarakan pengobatan gratis di kampungnya.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas pengobatan gratis yang diadakan di sini dan berharap program ini bisa berkelanjutan. Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai masyarakat yang kurang mampu,” akunya. (Amr)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

31 mins ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

1 hour ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

4 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

6 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

6 hours ago

Penuhi Janji, Wabub Kotabaru Serahkan Beasiswa Untuk Warga Desa Langadai

KOTABARU,kabarOne.com- Dua kakak beradik, Miftahul Alpirania (14) dan Ahmad Paisal Ajni (12) warga Desa Langadai…

7 hours ago