Categories: DaerahRegional

USM Gelar Seminar Penanggulangan Terorisme

Kabarone.com, SEMARANG – Universitas Semarang ( USM) bekerjasama dengan Polda Jateng menggelar seminar terkait penanggulangan dan pemberantasan radikalisme dan terorisme, Rabu (10/10) .

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat menyampaikan materi menyebut survei dari Alvara Research Center, 23 persen mahasiswa di Indonesia setuju dengan jihad untuk tegaknya khilafah.

Berdasar angka itulah kemudian kampus dipandang harus menjadi fokus untuk menerapkan upaya preventif untuk melakukan deradikalisasi.

“Radikalisme adalah landasan dari terorisme, untuk melawannya demokrasi pancasila harus dijaga,” kata Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatangan MoU antara kepolisian dengan USM yang nantinya bisa mewadahi info jika ada paham radikalisme di lingkungan kampus.

“Saya berterimakasih kepada Prof Muladi karena diundang ke sini. Beliau yang memprakarsai ini. Sehingga di hadapan mahasiswa kami menyampaikan kejadian-kejadian aksi terorisme yang ada di Jateng dan apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya,” ungkap Condro.

Bertindak sebagai narasumber lain adalah Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip sekaligus Koordinator Tim Ahli Pemerintah Dalam Revisi UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Prof Dr Muladi.

Sementara Prof.H.Abdullah Kelib berharap dengan seminar ini bisa menanggulangi radikalisme dan terorisme yang ada di Indonesia. “Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam memberantas menanggulangi radikalisme dan terorisme sehingga dibutuhkan sinergi semuua pihak,” katanya.

Seminar bertajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Radikalisme serta Terorisme untuk Mewujudkan Hakekat Pertahanan Bangsa ini diikuti oleh ratusan mahasiswa, dosen, hingga anggota kepolisian. (Amr)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

13 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

14 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago