Categories: DaerahRegional

Agenda Rutin Tahunan, Lomba Patrol Sahur Bupati Cup ke- IX

Kabarone.com,Lamongan – Seni musik daerah yang identik sebagai tradisi membangunkan orang ketika waktu sahur itu, memeriahkan malam Ramadan di belahan kabupaten Lamongan khususnya dan pulau Jawa pada umumnya. Ramadan 1440 H kali ini, Pemkab. Lamongan kembali menggelar Festival patrol yang kesekian kalinya yakni Lomba Patrol Sahur Jilid 9 Bupati Cup ke- IX. Sabtu, (18/5) malam.

Dalam acara kegitan rutinan setiap tahun Lomba Patrol Sahur Jilid 9 Bupati Cup ke- IX, yang dihadiri langsung oleh Bupati Lamongan Fadeli bersama Sekertaris Daerah Yuhronur Effendi, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ismunawan, dan Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto.

” Sejak Sabtu, 18-19 Mei 2019, sedikitnya diikuti para grup patrol baik dari perwakilan masing-masing kecamatan atau instansi di Kabupaten Lamongan beraksi dalam unjuk kebolehan. Tidak hanya menyajikan alunan musik bambu, masing-masing grup patrol mengaransemen syair-syair rilegius yang sarat dengan puja-puji kepada Allah dan Nabi Muhammad S.A.W. Bahkan, untuk melengkapi penampilannya, para peserta memakai kostum panggung yang menarik dan berbau religius.

Kepala Disbudpar Lamongan Ismunawan sebagai Ketua Panitia Lomba mengatakan, tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta. Pada tahun ini ada aturan baru yang ditetapkan untuk para tim yaitu tidak hanya menunjukkan performa dia panggung tetapi juga akan turun berkeliling di jalan.

“Tahun lalu jumlah peserta 27 sekarang 52. Disamping main dia panggung juga akan turun ke lapangan. Selain di panggung ini juga nanti akan ada juri di lapangan yang menilai kekompakan,” terangnya. ” Mengingat jumlah peserta yang mencapai 52 tim, panitia menggelar acara selama dua hari dan memisahkan penampilan para tim menjadi dua”, ujarnya.

Ditambahkannya, Agenda rutin yang sudah berlangsung selama 9 tahun itu diikuti oleh perwakilan dari 27 kecamatan dan instansi di Kabupaten Lamongan. Lomba dibuka dengan membunyikan kenthongan, alat musik ikon patrol sahur. Peserta tim memperebutkan Bupati Lamongan Cup dan uang tunai kepada tim terbaik di tahun ini”, pungkasnya (Pul/Ian/As).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago