Categories: DaerahRegional

Tanggap Bencana Kemarau, Polwan Droping Air Bersih

Kabarone.com,Lamongan – Kejadian musim kemarau yang terjadi akhir-akhir ini di sejumlah desa di wilayah Kabupaten Lamongan dan saat ini berdampak mengalami krisis air bersih. Hal ini menjadikan perhatian khusus Satuan Polisi Wanita (Polwan) dari Polres Lamongan untuk melakukan dropping air bersih. Selasa, (27/8).

“ Akibat dari sumber mata air di desa sangat minim di musim kemarau kali ini, dan saat ini sudah mencapai pada puncaknya (26/08), maka prioritas bantuan dengan mendropping air bersih tersebut diantaranya dilakukan di Dusun Walangkopo Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo dan di Desa Kedungkumpul kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan”, tegas salah seorang perwira Polwan Polres Lamongan Iptu Sri Iswati.

Polwan Polres Lamongan kali ini melakukan droping air bersih layak kebutuhan rumah tangga sebanyak 25 ribu liter, yang diangkut 5 armada truk tangki air dan didampingi oleh Banbinsa Koptu Purwanto dari Koramil Sairejo dan Babinkamtibmas Bripka Shandy dari Polsek Sarirejo. “ Semoga bantuan ini setidaknya menjangkau dan bisa dinikmati seluruh warga Dusun Walangkopo yang berjumlah 160 KK atau sekitar 750 kepala,” tandas Polwan yang juga KBO Reskoba Polres Lamongan tersebut.

Lebih lanjut, dropping air tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Polwan Republik Indonesia ke 71 dan merupakan bagian dari tanggungjawab Polri untuk membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan-persoalan di tengah-tengah masyarakat. “Karena kami lahir dari rakyat, maka untuk itu kami juga wajib hadir untuk rakyat, di saat mereka sangat kesusahan dalam kebutuhan air bersih,” Iptu. Sri Iswati menambahkan.

Sementara Imam, salah satu warga setempat penerima bantuan air bersih mengatakan, ” Telah diketahui selama 2 bulan terkahir ini, warga Walangkopo sangat kesusahan dalam kebutuhan air bersih, dan saat ini harus mengambil air dari sumber mata air di tetangga dusun ataupun desa, yang menempuh jaraknya kurang lebih 2 kilo meter. “Kami juga berterima kasih atas bantuan air dari Ibu-ibu Polwan. Lebih khusus jajaran Polres Lamongan di bawah komando Bapak Kapolres Lamongan AKBP. Febby D.P Hutagalung S.I.K, M.H. Karena sungguh sangat dinantikan kebutuhan air bersih oleh warga Walangkopo untuk kebutuhan sehari hari,” ujarnya.

Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Muslimin mengungkapkan, ” Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan menyebutkan musim kemarau di Lamongan hingga kini masih berlanjut. Akibatnya jumlah desa yang kekurangan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga terus bertambah.

Desa-desa yang kekurangan air bersih tersebut berada di wilayah bagian selatan Kabupaten Lamongan, diantaranya Kecamatan Bluluk, Modo, Babat. “ untuk saat ini sudah ada enam desa yang krisis air bersih. Dan melihat kondisi saat ini dipastikan jumlah tersebut akan bertambah”,pungkasnya (Pul/As).

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Antusiasme Masyarakat Membludak! Ruang Merdeka Gelar Lapak Gratis di Kenjeran

SURABAYA, kabarOne.com- – Ruang Merdeka kembali mengadakan kegiatan lapak gratis yang kali ini bertempat di…

9 hours ago

Bawas MA Diminta Periksa Hakim PN Jakut Dugaan Pelanggaran Perundang Undangan dan Kode Etik Hakim

Jakarta ,Kabarone.com,-Ketua Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA), Hakim Pengawas Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dan…

10 hours ago

Chairil Anwar; Operasi Sisir PBB- P2 Bantu Warga Yang Jauh Dari Perkotaan

KOTABARU,kabarOne.com- Bapenda Kotabaru melaksanakan kegiatan Operasi sisir PBB-P 2 di tiap Kecamatan salah satunya di…

21 hours ago

Dibuka Jalur Mandiri, UKT dan IPI 2024 Unnes Tidak Naik

SEMARANG,kabarone.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka kesempatan calon mahasiswa untuk bergabung melalui Seleksi Mandiri…

24 hours ago

Kapolres Kotabaru Serahkan Bantuan Kursi Roda, Ini Apresiasi Anggota DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Sebagai bentuk kepedulian dan wujud empati jajaran Polres Kotabaru dalam menyambut moment Hari Bhayangkara…

24 hours ago

Dorong Sumsel Lumbung Pangan, MMN Sumsel Gelar Latihan Kepemimpinan dan LDO

Palembang ,Kabar One.com- Maritim Muda Nusantara Sumatera Selatan sukses menggelar Seminar Kepemimpinan dan Latihan Dasar…

1 day ago