Categories: Lipsus

Sri Puryono Jadi Guru Besar Undip Bidang Ilmu Manajemen Lingkungan

SEMARANG,kabarone.com- Prof. Dr. Ir. Sri Puryono KS MS dikukuhkan menjadi guru besar tidak tetap pada bidang Ilmu Manajemen Lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang .

Sekda Jateng tersebut, menjadi guru besar dosen tidak tetap pertama Pascasarjana Undip, dan guru besar dosen tidak tetap yang kedelapan.

Prof. Sri Puryono menjadi guru besar dosen tidak tetap pertama sekolah Pascasarjana Undip,” kata Ketua Senat Akademik Undip Prof. Dr.Ir. Sunarso MS di Gedung Prof Sudharto Undip, Jumat (22/11) sore.

Dalam orasi ilmiahnya, Sri Puryono menyoroti perlunya pendekatan ekoregion dalam pengelelolaan lingkungan pesisir terpadu pada kasus wilayah Teluk Semarang. Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut butiuh peran stakeholder melalui komitmen politik dari pengambil keputusan, pengendalian yang terfokus, ketataan pemanfaatanm ruang sesuai RTRW, terjadinya kemitraan antar daerah dan penegakan hukum yang terpadu.Yang demikian merupakan salah satu upaya demi terjaganya ekosistem lingkungan.

Kepada mahasiswa, pria yang juga menjabat Ketua Ikatan Alumni Lemhanas Jawa Tengah ini berpesan agar terus berkarya dengan penuh semangat.

” Ilmu tidaklah lekang oleh waktu, jarak, siapapun, tua, muda, kaya miskin. Terusalah berkarya penuh semangat, tetap ikhlas dan rendah hati” kata Sri Puryono penuh harap.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan Sri Puryono layak mendapatkan predikat guru besar. Apa yang dicapai bukanlah pemberian, tapi capaian keilmuan yang sudah teruji dan diakui internasional.

”Jika mahkota perguruan tinggi bukanlah ranking, tapi seberapa besar alumninya diterima di lapangan kerja, sedangkan mahkota guru besar adalah integritas dalam mengembangkan ilmu dan berkarya lewat karya ilmiah,” imbuhnya.

Yos mengajak kepada semua yang hadir saat itu bahwa dengan kematangan jiwa, keilmuwan akan menghasilkan sikap bijak.”Ilmu akan dimintai pertanggung jawaban,’ katanya sembari mengutip ayat Al Qur’an.

” Dalam Singkatnya waktu kita akan diakhiri kematian.mari berfastabiqul Khoirot, ilmupun membawa sifat takwa dan tawadhu, Kita adalah ibarat debu di alam semesta,” ulas Rektor.

Diakhir sambutannya, Yos mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada Sri Puryono selaku guru besar Universitas Diponegoro.” Berharap Prof Sri Puryono terus menghasilkan karya ilmiah bermutu, menjaga integritas , semoga Allah ridho serta memberikan barokah.”pungkasnya

Prosesi pengukuhan Sri Puryono disaksikan jajaran pimpinan Undip, rektor sejumlah PTS, Forkominda, keluarga, kolega dan kawan masa kecil.

Dalam acara tersebut hadir sejumlah tokoh, seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Efendi. Bahkan, mantan gubernur Ali Mufiz, Bibit Waluyo beserta wakilnya dulu Rustriningsih serta mantan Kapolda Jateng Condro Kirono. (Amr)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Berikan Predikat WTAB kepada 46 Satuan Kerja Daerah, Menteri AHY: Zona Integritas Hadirkan Layanan Publik yang Akuntabel, Transparan, Profesional, dan Melayani

JAKARTA,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

56 mins ago

Dukung Percepatan Sertipikasi Tanah di Pulau Nusakambangan, Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

JAKARTA,Kabar One .com-Kementerian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerima Piagam Penghargaan Mitra Kerja…

5 hours ago

Kembangkan Bisnis di Indonesia, APTIKNAS Gelar Pameran Growtec pilihan yang tepat untuk masyarakat melihatnya

Jakarta ,Kabar One.com-Growtech Jakarta dan ProPak Indonesia didukung oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan berbagai…

16 hours ago

Pagelaran Wayang Kulit Momentum HUT M.A ke79 memaknaknai Cerita lakon Wahyu Cakraningrat.

JAKARTA, KABARONE :Acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk Sabtu malam tgl 31 Agustus 2024 sangat…

16 hours ago

Menyemarakan HUT MARI Ke 79 Pagelaran Wayang kulit Catatkan Rekor Muri Ki Dalang Dr Yanto Sampai Luar Negeri

JAKARTA,Kabar One.com : Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 79 Mahkamah Agung RI Tahun…

19 hours ago

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

21 hours ago