Categories: Daerah

BPPD Jateng Optimis Capai Target PAD 2019 Senilai 14,4 Triliun

SEMARANG,kabarone.com – Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Tavip Supriyanto tetap optimis bisa mencapai target perubahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jateng tahun 2019 sebesar Rp14,4 Triliun.

Menurutnya, angka tersebut naik sebesar 2,66 persen dari target murni sebesar Rp14 triliun. Sedangkan hingga akhir Oktober2019 realisasi PAD sebesar Rp12,09 triliun atau sebesar 83,03 persen dari tagret perubahan.

”Kami optimis bisa mencapai target yang telah ditetapkan di sisa waktu yang akan datang, dan kami selalu komunikasi dengan teman- teman di Komisi C untuk mencapai itu” kata Tavip pada acara Prime Topic Tri Jaya FM di Hotel Quest Semarang, Kamis (28/11).

Ada sejumlah sektor untuk menggali PAD Jateng, diantaranya dari Bank Jateng dan Bappeda.

Sedangkan sejumlah sektor lain untuk meningkatkan pendapatan daerah salah satunya dengan mengoptimalkan BUMD.

“Potensi yang besar adalah dari pajak kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, rokok, dan pajak air permukaan,” imbuhnya.

Bahkan, pihaknya bersama Kanwil Bea Cukai dan Satpol PP se Jateng, melakukan rapat terbatas untuk memberantas rokok ilegal. Ini penting kaitannya dengan pajak rokok. Karena dari hasil operai Bea Cukai, ditemukan sejumlah kontainer yang muat rokok ilegal.

Menurutnya, pajak rokok pada tahun laliu kurang tercapai, karena dari pusat dipotong dulu untuk BPJS Kesehatan. Selain itu, juga terkait dengan pajak kendaraan bermotor.

”Kami terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait dengan pajak kendaraan bermotor. Yakni untuk meningkatkan kepatuhan membayar pajak, kita melakukan upaya agar tidak menunggak pajak,” pungkasnya.

Sementara, Hendri Wicaksono dari Komisi C DPRD Jateng mengatakan, ada sejumlah sektor yang bisa digali untuk meningkatkan PAD Jateng. Sektor lain yang bisa digarap antara lain, perikanan dan peternakan, juga sektor migas.

Dalam diskusi yang bertemakan Menggali dan Meningkatkan PAD kali ini menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala BPPD Jawa Tengah Tavip Supriyanto, Komisi C DPRD Jateng Henry Wicaksono dan Dr.Taufik Hidayat, SE,MSi,CRBC dari STIE Bank Jateng.(Amr)
Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

12 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago