Categories: DaerahRegional

Hendi Ingin GOW Aktif Kurangi Angka Kemiskinan di Kota Semarang

 

SEMARANG,kabarone.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di Kota Semarang ikut aktif dalam mengurangi angka kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi saat menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Semarang periode 2019-2024 di Gedung Balaikota belum lama ini.

“Karena ini gabungan organisasi, konsolidasikan sehingga bisa melakukan tendangan yang hebat dengan kegiatan kemasyarakatan, salah satunya kemiskinan” ungkap Hendi.

Menurutnya, saat ini angka kemiskinan di Kota Semarang sudah turun sebesar 3,98 persen, bahkan merupakan angka kemiskinan terendah di Jawa Tengah, namun Hendi menyatakan itu saja belum cukup.

“Dengan penduduk Kota Semarang 1.6 juta, ini masih sangat tinggi, ekuivalen 64 ribu warga Kota Semarang yang sehari-hari dia untuk makan susah atau tinggal di tempat yang tidak layak,” tutur Hendi.

Oleh karena itu, dia ingin membuat warga Semarang lebih mandiri. “Sentuhannya cukup 2, warga yang usianya cukup produktif bagaimana GOW menginisiasi dengan aktivitas kemandirian, kita punya BLK adakan kerja sama, bisa juga disambungkan dengan program PKH” ujar Ketua DPC PDIP Semarang ini.

Aktivitas lain dapat dilakukan dengan menggandeng organisasi lain agar keluarga tidak mampu dapat menjadi pelaku UMKM sehingga mengangkat derajat hidup keluarga tidak mampu tersebut.

“Tapi kalau usianya masuk kategori tidak produktif maka penanganannya lebih pada charity atau bakti sosial.” tukas Hendi.

Menurutnya ibu-ibu memiliki kemampuan untuk mengumpulkan donasi charity dan dibagikan kepada keluarga tidak mampu.

Dia mencontohkan yakni membagikan makan gratis kepada warga kurang mampu setiap harinya. Maka nantinya tidak hanya membantu keluarga tidak mampu, namun juga membangkitkan UMKM yang menjual makanan atau minuman.

Hendi juga mengungkapkan bagaimana perempuan memiliki kemampuan dalam mengemban sebuah tanggung jawab yang besar. “Di Pemerintah Kota Semarang tidak ada perbedaan-perbedaan, wakil saya perempuan, di kepala dinas kami paling tidak ada 7 perempuan, dari camat 16 ada 1 yang perempuan, kalau lurahnya sudah banyak,” ujarnya.

Sehingga menurutnya isu kesetaraan gender harus semakin banyak diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari dan memberi ruang kepada perempuan untuk berkarya tanpa melupakan kodratnya.

Sebagai Ketua Dewan Pelindung GOW Kota Semarang, Hendi juga berpesan kepada kepengurusan baru yang dipimpin oleh Dra Hj. Widjaya Ulfi untuk mengkonsolidasikan gabungan organisasi-organisasi wanita yang ada di Kota Semarang.

Seperti di ketahui, GOW ini mencakup 30 organisasi seperti TP PKK, Persit Kartika Chandra Kirana, GOP dan sebagainya. Melalui konsolidasi tersebut, Hendi berharap agar dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang. (Amr)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Gudang Sekolah SDN 01 Cempaka Baru Kemayoran Terbakar

Jakarta, Kabarone.com,-Gudang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Cempaka Baru, Jalan Cempaka Baru VII RT 02/RW…

7 hours ago

HUT TNI ke-79, Koramil Jajaran Kodim 0812/Lamongan Terima Surprize dari Forkopimcam

Lamongan,Kabar One.com- Hubungan dan kedekatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Polri serta Forkopimcam semakin kompak.…

16 hours ago

Kodim 1004/Kotabaru Peringati HUT TNI ke 79, Ini Amanat Panglima TNI

KOTABARU,kabarOne.com- Kodim 1004/Kotabaru menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 di…

1 day ago

Kapolsek Laren Melaksanakan Cooling System Bersama Kepala Desa Gampangsejati Jelang Pilkada 2024

Lamongan, Kabar One.com-Dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah jelang Pilkada 2024, Kapolsek Laren, Iptu Witono Hariadi…

1 day ago

Peringati HUT TNI Ke-79, Kodim 0812 Lamongan Laksanakan Doa Bersama

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 79 tahun 2024 dengan tema "TNI Modern Bersama…

2 days ago

Peringati HUT TNI ke 79, Kodim 0812/Lamongan Menggelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kusuma Negara

LAMONGAN ,Kabar One.com– Dalam rangka memperingati HUT Ke 79, Kodim 0812/Lamongan menggelar upacara ziarah dan…

2 days ago