Mahasiswi Valaya Alongkorn Rajabhat University Belajar di UAD

Daerah142 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta telah banyak merealisasikan kerjasama dengan institusi di Thailand melalui program SEA Teacher atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia. Sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru dari universitas di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman mengajar atau praktik langsung di sekolah-sekolah di negara lain, khususnya yang melibatkan FKIP dari berbagai perguruan tinggi partisipan.

FKIP UAD bersama KKUI mengadakan opening ceremony program SEA Teacher dari Thailand di Ruang Perpustakaan Lantai 1 Kampus Utama UAD, Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan Kabupaten Bantul, Selasa (7/11/2023), dibuka Dekan FKIP Muhammad Sayuti.

Koordinator Inbound Activity SEA Teacher, Fariz Setiawan, M.Pd., menjelaskan kepada ketiga mahasiswa dari Thailand yang akan melakukan praktik mengajar di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta selama 3 minggu.

Merupakan kerjasama tahunan yang memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa dari negara anggota Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) untuk mengajar di luar negeri selama setahun.

Untuk ketiga kalinya, UAD menerima mahasiswi dari Valaya Alongkorn Rajabhat University (VRU) Thailand untuk belajar di Prodi Bimbingan Konseling, Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ketiga mahasiswi itu adalah Ketsara Tapkhwa, Phonthira Nueakowai dan Julawan Jangaen.

Dekan FKIP UAD, Muhammad Sayuti, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D., mengatakan, kegiatan mahasiswa Thailand bisa bermanfaat untuk karirnya. “Selain menyambung hubungan antara UAD dan VRU, juga memperkuat ikatan Indonesia dengan Thailand,” kata Sayuti.

Sambil berkelakar, kepada ketiga mahasiswa Thailand itu, Sayuti berucap: “Hope you enjoy the program and Yogyakarta city.”

Kepada Ketsara, Phonthira dan Julawan, Kepala SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta Rohimah, S.Pd sampaikan program ini dapat menjadi contoh bentuk toleransi kepada para siswa.

Selama di Yogyakarta ketiga mahasiswi itu didampingi Ahmad dan Khaisya untuk mengikuti SEA Teacher Batch 9 periode 3. Selama praktik, mereka menyampaikan silabus dan media pembelajaran yang sudah mereka siapkan sebelumnya. Juga berkesempatan mengamati perilaku siswa saat belajar dan saling bertukar informasi mengenai budaya dan bahasa antara Thailand dan Indonesia.

Sejak Mei 2023 UAD terus menerima mahasiswi Program SEA Teacher dari beberapa universitas mitra seperti Filipina dan Thailand. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *