Categories: DaerahRegional

Peringati HPSN Tahun 2020, Arutmin Gelar Sosialisasi Masalah Sampah: Subkhan, 100 Orang Jadi Korban Akibat Sampah

 

KOTABARU,kabarone.com- Dalam rangka memperingati Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari tahun 2020, Arutmin Indonesia Tambang Senakin melakukan sosialisasi tentang masalah sampah ke SMPN 2 Kelumpang Tengah sebagai upaya mengajak keterlibatan semua elemen masyarakat termasuk sekolah baik guru maupun siswa-siswi untuk terus peduli sampah, Jum’at 21/2/2020.

Artinya, siswa- siswi turut serta mendukung penanganan sampah di daerah setempat , di mana pun berada.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Kelumpang Tengah Nursiah, S. Ag mengatakan, Saat ini SMPN 2 Kelumpang Tengah di berikan kepercayaan oleh Arutmin untuk menyediakan tempat yaitu dalam rangka sosialisasi hari peduli sampah nasional tahun 2020, yang mana akan menyampaikan atau menayangkan video- video tentang bagaimana cara mengelola sampah atau sejenisnya.

Saya juga ucapkan terimakasih kepada teman- teman dewan guru dan anak-anak didik sekalian atas kerjasama kita bersama, murah- mudahan apa yang di sampaikan oleh pihak Arutmin hari ini bisa bermanfaat dan kita dapat mengambil hikmah apa yang di sampaikan nanti, ujar Nursiah.

Muhammad Subkhan SHE & EA Superintendent PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin mengatakan, sosialisasi hari ini tentang peduli sampah dan ini di latarbelakangi oleh adanya peristiwa longsornya sampah pada tahun 2005 silam.

Jadi hari peduli sampah nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari, Kementerian lingkungan hidup mencanangkan 21 Pebruari 2006 sebagai hari peduli sampah untuk pertama kalinya, papar Subkhan.

Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk menggenang peristiwa di Leuwigajah Cimahi Jawa barat pada 21 Pebruari 2005, dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa, dan tragedi ini memicu dicanangkannya hari peduli sampah nasional (HPSN).

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah, akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari tempat pembuangan akhir Leuwigajah.

Tambah Subkhan, sejak tahun 2006, setiap tanggal 21 Pebruari diperingati hari peduli sampah nasional, sebenarnya pada hari yang paling penting bukan hanya sosialisasi tentang masalah sampah, tetapi bagaimana kita mensosialisasikan kepada adik-adik sekalian tentang apa itu sampah dan berapa jenis sampah.

Tapi yang paling penting lagi bagaimana kita bisa mengelola sampah sehingga sampah bisa terkelola dengan baik dan tidak banyak mempengaruhi lingkungan kita, tapi nanti secara detail akan di sampaikan oleh narasumber, ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin menyerahkan telur BSF seberat 10 gram kepada pengurus pondok pesantren Hidayatul ilmi Desa Geronggang untuk persiapan pengembangan bebek petelur yang di serahkan langsung oleh “Yogi Swara Putra Mendra dan Syamsir Alam”.

Sementara itu ketika di konfirmasi Kadis Lingkungan Hidup Kotabaru Arief Fadillah mengatakan, saya mendukung semua pihak yg melaksanakan kegiatan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020 seperti halnya yang di laksanakan oleh PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Mudah- mudahan dengan keterlibatan pihak perusahaan nantinya sampah- sampah bisa teratasi dengan baik, selain untuk menjadikan masyarakat Kotabaru peduli terhadap permasalahan sampah serta membangun kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, ujar Arief Fadillah tutupnya.(Hrp)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Terobosan Menteri AHY, Wujudkan Penataan Kawasan Kumuh secara Vertikal Pertama Kali di Jakarta Pusat

JAKARTA,Kabar One .com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

26 mins ago

Spirit Al-Maun Jejaki KH. Ahmad Dahlan, Lazismu OKU Timur Bagikan Nasi Kotak untuk Masyarakat

OKU Timur, Kabar One.com– Sprit Al-Ma’un mengajarkan aktualisasi terhadap aspek sosial agar bagai mana umat…

11 hours ago

Ketua PC IMM Ngawi Apresiasi Buku Pelukan Ramadan

Ngawi, KabarOne.com – Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Ngawi, Uswatun Hasanah, memberikan…

11 hours ago

Ini Kata Ketua DPRD Setelah Ditetapkannya Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

KOTABARU,kabarOne.com- Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kotabaru di laksanakan oleh Komisi…

12 hours ago

JAM-Intelijen: “Kehadiran Rumah Adhyaksa Banten Bukti Kejaksaan Peduli Masyarakat Banten

Jakarta, Kabar One.com– Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Reda Manthovani selaku Ketua Pokja Pembangunan Rumah…

18 hours ago

Pentingnya Manajemen Media Ciptakan Pilkada Damai, Kabidhumas Polda Jateng : Jangan Menjauhi Wartawan

BANYUMAS,kabarone.com - Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menekankan manajemen media memiliki peran penting bagi…

20 hours ago