Categories: DaerahRegional

Disinyalir, BBM Subsidi SPBU Kenanga Diselewengkan Berjama’ah

Kabarone, Bangka-Sejumlah kendaraan, baik beroda dua maupun beroda empat terlihat hilir mudik pada tengah hari (29/02) dari Setasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka menuju halaman belakang deretan rumah makan dekat persimpangan PT ABI. Jarak rumah makan tersebut dari SPBU Kenanga sekitar 50 meter. Setelah didekati, ternyata kendaraan-kendaraan tersebut tengah menguras BBM Subsidi jenis premium (bensin), dituangkan melalui selang dari tangki bbm kendaraan kesejumlah jerigen yang telah disiapkan. Pelakunya lebih dari 10 orang. Terlihat juga 1 buah mobil box yang barusan keluar, diduga membawa bbm dalam jerigen yang dikumpulkan sebelumnya untuk diantar kekonsumen. Di Bangka, pelaku kegiatan penyimpangan bbm subsidi itu disebut dengan istilah “pengerit”. Mereka melakukan pembelian bbm subsidi itu secara berulang-ulang pada hari itu hingga bbm subsidi habis dari stok spbu.

Kendaraan roda dua yang hilir mudik adalah sepeda motor merk Suzuki Thunder yang kapasitas tangki bbm mencapai 20 liter. Sementara kendaraan roda empat yang terlibat dari berbagai merek. Saat itu terlihat ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Brio, dan Suzuki AVP. Kepada salah seorang pelaku yang baru selesai menyedot bensin kedalam jerigen, ketika ditanya terkait siapa yang memiliki tumpukan jerigen berisi bensin tersebut terlihat menjawab tampak gugup. “Ngak tahu pak, mungkin orangnya lagi keluar”. Dia kemudian buru-buru meminggirkan mobil Daihatsu Xenia warna biru kesamping warung makan.

Sementara di SPBU Kenanga terutama pada bagian pengisian bensin, antrian sepeda motor pengerit tampak sibuk menunggu giliran. Demikian pula sejumlah kendaraan roda empat bercampur antara mobil milik pengerit dengan mobil milik umum, terlihat antri. Dari informasi, para pengerit ini diduga membayar lebih kepada oknum SPBU, sehingga kegiatan yang telah berlangsung tahunan itu tetap lancar. Harga bensin subsidi di spbu adalah Rp 6450. Untuk tingkat pengecer kemudian bensin subsidi itu dijual Rp 8000 sd Rp 9000 perliter. Bahkan rerata dikemas dalam botol air mineral dengan harga Rp 10.000 dalam setiap botol tergantung permintaan.

Kegiatan penyimpangan bbm itu biasanya berlangsung dari sejak kedatangan bbm ke SPBU menjelang tengah hari hingga sore hari yang langsung habis dan berlansung hampir setiap hari. Tentunya warga masyarakat sangat dirugikan oleh ulah tersebut. Disamping karena terganggu dengan panjangnya antrian kendaraan, juga kelangkaan mendapatkan bbm subsidi, sebab keesokan paginya bbm itu sudah habis jika harus mencari di spbu bersangkutan. Namun itulah realita yang terjadi, subsidi yang seharusnya dinikmati oleh yang berhak, tetapi yang terjadi malah “mafia bbm subsidi” yang menangguk untung. (Suhardi)

redaksi

Share
Published by
redaksi

Recent Posts

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

3 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

16 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

17 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

17 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

19 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

1 day ago