KTNA Sebagai Gerakan Petani – Nelayan Kaltara Menuju Lumbung Pangan Nasional

Daerah, Regional571 views

Kabarone.com, Bulungan – Kabupaten Malinau menjadi juara umum dalam Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke I tingkatProvinsi Kalimantan Utara yang bertempat di Lapangan Agathis, Tanjung Selor pada 20 – 24 November 2016.

“Saya menyampaikan selamat kepada Kabupaten Malinau, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kabupaten kota lain di wilayah Kaltara,” terang Bupati Bulungan, H Sudjati, SH mewakili Gubernur Kaltara dalam acara penutupan pada Kamis pagi (24/11).

Pekan Daerah KTNA diselenggarakan sebagai gerakan petani – nelayan menuju lumbung pangan nasional di Kalimantan Utara. Seperti diketahui, wilayah Kaltara memiliki potensi besar di sektor pertanian, perikanan dan kehutanan di samping sektor pertambangan yang menyumbang PAD atau pendapatan asli daerah.

“Adanya pekan daerah KTNA ini diharapkan dapat menjadi wadah saling bertukar pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan di wilayah Kaltara,” tandasnya. Berbagai lomba dilaksanakan panitia pelaksana untuk memeriahkan pekan daerah seperti lomba mengupas kelapa, lomba mengikat kepiting, lomba menangkap lele, lomba pengolahan pangan non beras, lomba pengemasan benih ikan dan lain-lain.

“Pesan saya setelah pagelaran ini, silaturrahmi dan kemitraan yang terjadi dapat terus dipererat demi kepentingan kita bersama,” imbuhnya. Dilanjutkan, masing-masing kabupaten kota di wilayah Kaltara diharapkan tidak segan bertanya dan jangan pernah menolak untuk memberi bantuan. Sebab sebagai provinsi paling bungsu, Kaltara harus terus mengejar ketertinggalan khususnya di sektor pertanian, perikanan dan kehutanan. Adanya pekan daerah KTNA itu juga menjadi ajang pencanangan upaya khusus sapi indukan wajib bunting dan peluncuran program multi livestock management dalam upaya swasembada pangan di Provinsi Kaltara.

“Ini agar dapat meningkatkan semangat kemandirian masing-masing kabupaten kota dalam menciptakan swasembada pangan,” pungkasnya. Kabupaten Malinau selaku juara umum berhak membawa piala juara yang bila dapat dipertahankan 3 kali berturut akan menjadi hak milik. Selain piala bergilir, juara umum juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp30 juta. Sementara juara umum kedua, Kabupaten Bulungan juga mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp20 juta.Juara umum KTNA tingkat provinsi akan mengikuti pekan nasional KTNA yang akan diselenggarakan di Provinsi Aceh pada 2017. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *