Categories: Daerah

Kampanye Adaptasi Kebiasaan Baru, Polda Jateng Gelar Operasi Patuh Candi 2020

SEMARANG,kabarone.com – Polda Jateng menggelar Apel Pasukan Operasi Patuh Candi – 2020 di Halaman Mapolda Jateng jalan Pahlawan No 1 Semarang, Kamis (23/7/2020).

Operasi Patuh Candi berlangsung selama dua pekan ke depan, terhitung mulai hari ini 23 Juli – 05 Agustus 2020.

Selain untuk mengampanyekan ketertiban lalu lintas, kali ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng juga memberlakukan aturan tambahan terkait pandemi Covid – 19 yakni mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru bagi pengguna jalan.

“Operasi patuh Candi – 2020 Ini dimaksudkan penertiban masyarakat dalam rangka adaptasi kehidupan baru dengan kedepankan protokol kesehatan, tentu Polri dalam hal ini Direktorat Lalulintas Polda Jateng dan Polres jajaran akan mengedepankan aspek pre-entiv dan preventif serta humanis sehingga tidak salah manakala nanti para pelanggar diutamakan tentang pendidikan masyarakat terutama protokol kesehatan,’ ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kapolda mencontohkan ketika terjadi pelanggaran seperti masyarakat tidak menggunakan masker, helm, dan sarung tangan maka petugas terlebih dahulu akan memberikan peringatan kepada pengendara.

‘ Terlebih dahulu kita ingatkan termasuk pelanggaran yang sifatnya mempunyai aspek bagi keselamatan lalu lintas, baru kita tindak tegas, selainnya itu kita gunakan edukasi kepada masyarakat terutama mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan,’ tuturnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 2600 personil dari Polda sampai tingkat Polres diterjunkan pada Operasi Patuh Candi 2020 ini dengan di dukung oleh instansi samping.

Untuk para personil yang terlibat Operasi Patuh Candi 2020, kata Lutfi, sebelum melakukan Operasi juga harus menerapkan protokol kesehatan.

Ada 13 langkah bagi anggota polri kususnya dalam protokol kesehatan diantaranya harus menggunakan masker, mengenakan lengan panjang serta sarung tangan.

‘ Harus menerapkan protokol kesehatan terlebih dahulu prinsip anggota Polri sebelum menertibkan masyarakat kita harus tertib dulu”. tegas Kapolda.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Arman Achdiat menyebutkan bahwa, tujuan utama Operasi Patuh Candi adalah memberikan penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran beralu lintas.

Pihaknya juga akan mengkampanyekan adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat dengan cara menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

Pada operasi kali ini, lanjut Arman juga tetap diberlakukan tindakan tegas kepada pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

‘ Berkendara secara ugal-ugalan, tidak mengenakan helm dan berkendara dengan kecepatan tinggi tentu akan ditindak tegas, meski di luar itu kami tetap persuasif humanis,” tandasnya.

Terkait kelengkapan surat dalam berkendara, Arman mengatakan sudah selayaknya pengendara paham, bahwa setiap berkendara harus dilengkapi surat-surat.

Dikatakannya lagi, sebagai pihak yang bertanggung jawab akan keselamatan lalu lintas, Dia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat terutama pengendara untuk selalu menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan kumpul-kumpul di tempat keramaian dalam waktu yang lama,” kata pria lulusan Akpol 1992 ini.

Acara Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di hadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, Dirlantas Polda jateng Kombes Pol Arman Achdiat dan Pejabat Utama Polda jateng serta Instansi terkait. (Amr)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago