Categories: Daerah

Kapolres Kotabaru, Kebakaran Hutan Dan Lahan Merupakan Penyakit Tahunan

KOTABARU,kabarone.com- Menjelang musim kemarau tahun 2020, Polres Kotabaru gelar sosialisasi penanggulangan Karhutla di Aula Hotel Grand Surya Kotabaru, Rabu 22/7/2020.

Kapolres Kotabaru AKBP. Andi Adnan Syafruddin mengatakan, TNI- Polri dan pemerintah, stekholder terkait dan pihak korporasi semuanya adalah bagian dari kesatuan negara republik Indonesia yang punya tanggung jawab bersama untuk menjaga lingkungan dan Eko sistem yang ada.

Perlu kita ketahui bersama, kembakaran hutan dan lahan merupakan penyakit tahunan yang melanda negara kita, dan ini merupakan masalah tahunan tapi kalau bisa bersinergi dan memahami apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing maka Karhutla bisa di atasi, ujar Kapolres.

Di laksanakannya sosialisasi hari ini semata- mata untuk menyamakan persepsi serta mengoptimalkan sinergitas semua pihak untuk mencegah Karhutla, apabila masih terjadi maka akan bersama-sama untuk menanggulanginya sehingga lingkungan dan ekosistem tetap terjaga.

Saya berharap masyarakat bisa memahami mekanisme membuka lahan untuk berkebun dan berladang dengan cara membakar melalui edukasi yang dilakukan oleh Kepala Desa, Muspika dan tokoh masyarakat.

Sementara Sekda Kotabaru Said Akhmad mengatakan, Salah satu yang terjadi di Kabupaten Kotabaru terutama di saat musim kemarau adalah bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, dampak Karhutla sangat menggangu dan mengancam kehidupan manusia, harta benda dan lingkungan sekitar khususnya dari kabut asap yang di hasilkan.

Mengingat bencana Karhutla hampir terjadi setiap tahunnya, maka penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Kotabaru di laksanakan secara terukur dan maksimal, oleh sebab itu saya mengharapkan kerjasama yang baik dari seluruh stekholder dan semua pihak terkait yang hadir untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi serta partisipasi yang maksimal dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla, ujar Said Akhmad.

Saya percaya kerjasama dan kometmen kita bersama, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotabaru dapat kita cegah dan kita tanggulangi bersama, tutupnya.(Hrp)o

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago