Categories: Daerah

Dengan semangat Kemerdekaan,Kopwan bangkit meyongsong era new normal

Lamongan, Kabarone.com – Peringatan Hari Koperasi ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke-5 yang di laksanakan oleh paguyuban koperasi wanita (Kopwan) pola konvensional dan syariah (KWPS) kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan dengan diikuti oleh perwakilan pengurus Kopwan dan KWPS se kecamatan Pucuk siang tadi di laksanakan. Tepatnya pukul 10:00 WIB bertempat di pendopo kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Selasa (11/08/2020)

Dengan berlangsungnya era new normal para pengurus Kopwan berinisiasi mengadakan pertemuan dengan mengambil momentum peringatan hari koperasi (Harkop) ke-73 dan hari UMKM nasional ke-5 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Peringatan Harkop ke-73 yang seharusnya jatuh pada tanggal 12 Juli 2020 sengaja dilaksanakan pada hari ini Selasa 11 Agustus 2020, yakni sesuai dengan kesepakatan anggota paguyuban dan menghindari benturan peringatan Harkop ke-73 yang diagendakan di tingkat kabupaten.

Dengan momentum ini pengurus bertujuan agar silaturrahim dan tukar informasi antar Kopwan/KWPS terjalin kembali setelah masa pandemi, karena selama pandemi tidak dapat bertatap muka secara langsung. Tujuan lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana koperasi bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sebagian besar aktivitas perekonomian dan perkoperasian di masing-masing daerah, hal ini disampaikan oleh Aniswatin Khoiriyah selaku ketua panitia pelaksanaan Harkop ke-73 kecamatan Pucuk pada sambutanya.

Peringatan Harkop ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke-5 ini dilaksankan dengan penuh khidmad, dengan dilantunkan ayat-ayat suci Al-qur’an sebagai pembuka acara, dilanjutkan dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Koperasi dan sambutan-sambutan serta pembinaan. Sebagai pembuka sambutan oleh ketua panitia dilanjutkan dengan sambutan Camat Pucuk sekaligus membuka acara dan berlanjut pembinaan oleh Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) serta Sekcam Pucuk dan di tutup dengan doa.

Himbauan agar selalu menerapkan hidup bersih, selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan jaga jarak demi mencegah penularan Covid-19 disampaikan oleh Deddy Dian Ali selaku Camat Pucuk. Beliau juga menyampaikan agar para pengurus Kopwan/KWPS se kecamatan Pucuk untuk meningkatkan usahanya dan selalu berinovasi demi kemajuan koperasi.

Konsep acara ini merupakan sebuah pembinaan dalam rangka memperingati momentum Hari Koperasi ke 73 sehingga pada acara ini tidak hanya sebatas ceremonial saja tetapi bagaimana para penggerak koperasi ini dapat lebih eksis lagi dalam menggerakan perekonomian di lini paling bawah yakni di pedesaan. Bagaimana koperasi mampu menggerakkan UMKM di desa masing-masing dengan selalu menjadi solusi utama bagi anggota yang notabene bergerak di sektor UMKM.

Jika Setiap Kopwan/KWPS dapat fokus membina anggota yang bergerak di bidang UMKM minimal 5 sampai dengan 10 anggota saja, didampingi dengan maksimal maka peran Kopwan/KWPS akan semakin nampak dibandingkan dengan aktifitas yang selama ini yang hanya bergerak di unit simpan pinjam” tegas Yoyok Suhartono selaku PPKL Pendamping kecamatan Pucuk.

Dalam pembinaan yang di sampaikan oleh Wahyu Agus Harinono selaku Sekcam Pucuk, beliau menyampaikan bahwa setiap Kopwan/KWPS diminta aktif dalam sumbangsih pemikiran di tingkat desa masing-masing. Serta dapat menjalin kerjasama dengan pihak Badan usaha milik desa dengan saling memberikan manfaat demi kesejahteraan anggota dan masyarakat setempat. (F2/pur)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

7 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

8 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

15 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago