Categories: Daerah

Demi melestarikan Budaya Warga Desa Karang adakan Sedekah Bumi

Lamongan , Kabarone.com – warga Desa Karang Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan menggelar tradisi sedekah bumi. Kegiatan tahunan menghadirkan sejumlah warga untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Kegiatan berlangsung ,Minggu (16/8).

Tradisi yang diawali dengan khataman pembacaan alQuran 30 juz di balai Desa,menjelang sore setelah sholat Asyar di lanjutkan pembacaan Tahlil kirim doa di Pemakaman Umum Desa Karang.berlanjut setelah sholat Isya warga berkumpul dan sambil memperingati menjelang malam 17 Agustus diadakan doa bersama sekaligus di tutup dengan Doa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Modin Desa Ali imron mengatakan,”biasanya acara di lakukan dengan Tumpeng kirim doa di makam umum,namun karena Wabah Covid acara tetap di laksanakan namun tidak ada tumpeng,” ujarnya.

Ketika di konfirmasi awak media Kades Karang Muhtar mengatakan,”kegiatan tahunan ini selalu kami selenggarakan,memanfaatkan moment itu untuk mengedukasi alan budaya sekaligus melestarikan kirim doa ke pendiri Desa yakni yai Bhumi dan Nyai Bhumi ke masyarakat.

Menurutnya tradisi sedekah bumi adalah bentuk rasa syukur dan jucapan terima kasih kepada Allah SWT karena telah diberikan kenikmatan yang melimpah dan dihindarkan dari segala mara bahaya,” ucapnya.

Ditambahkannya spirit budaya juga menjadi simbol beberapa sifat masyarakat Desa Karang, seperti nilai spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kerja keras, kekompakan, dan nilai keberanian yang dilandasi kebenaran maupun kejujuran.

” bahwa tradisi sedekah bumi ini merupakan tahunan yang diselenggarakan sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta. Di mana telah memberikan kesuburan tanah, rizki dan kesehatan kepada seluruh warga.

“Tradisi ini juga mencerminkan kerukunan dan gotong royong yang kuat di pedesaan,jajaran perangkat desa,seluruh warga desa dan karang taruna perlu kita syukuri kita masih di beri kesehatan bisa kumpul dan di beri hidayah. alhamdulillah warga desa tak ada yang kena Corona semoga Allah selalu memberikan nikmat. acara haul dan sedekah Bhumi rutin kita adakan sampai akhir desa karang tak ada,makanya wajib kita melestarikan.doa adalah kekuatan yang wajib di lestarikan oleh para generasi muda.kirim doa sangat kita perlukan sebagai manusia,”(Amin santoso/ Fer)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

12 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago