Daerah

Desa Langadai Raih Status Proklim Utama Tingkat Nasional

KOTABARU,kabarone.com- Jelang akhir tahun 2020, Desa Langadai mitra PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun menerima penghargaan Proklim Utama untuk program kampung ramah lingkungan.

Desa Langadai mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana Kepada Management Indocement Bersama Desa Mitra dari Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, yang diterima oleh Plt Kepala Desa Langadai Tri Sutrisno beberapa waktu lalu.

Kegiatan berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan pada 1 Desember 2020 lalu, hal tersebut tentunya menjadi kado akhir tahun yang sangat baik dan itu salah satu kegiatan yang berkaitan dengan program CSR Indocement untuk lingkungan dan masyarakat.

Management PT ITP Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki, Jum’at 4/12/2020 mengatakan, bahwa penghargaan diberikan kepada pelaksana Proklim 2020 yang sudah melaksanakan joint activities mitigasi dan adaptasi di tingkat tapak, juga kepada penanggung jawab atau pelaksana aksi mitigasi yang sudah melakukan registrasi di SRN dalam rangka penurunan emisi serta kepada Kepala Daerah yang telah memberikan dukungan dalam implementasi Proklim melalui regulasi dan kebijakan.

Indocement mendapatkan apresiasi penghargaan ini atas upaya berkelanjutan dalam kampanye perubahan iklim yang dilakukan bersama-sama masyarakat Desa mitranya di semua lokasi operasional, seperti halnya Proklim Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dan Sekolah Adiwiyata, papar Teguh.

Disamping itu, upaya yang dilakukan utamanya di lingkungan internal dan proses produksi, Indocement menjadi satu-satunya Produsen semen yang dianugerahi penghargaan tersebut.

Proklim merupakan program skala nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, program ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat Desa di Indonesia dalam menghadapi dampak perubahan iklim, jelasnya.

Dikatakannya lebih jauh, salah satu Desa mitra Indocement Plant Tarjun yakni Desa Langadai merupakan salah satu wilayah yang menjadi Desa Proklim Utama tingkat nasional, yang tentunya merupakan buah kerja sama antara masyarakat Desa Langadai dan Indocement.

Kerja sama ini mendapatkan banyak apresiasi baik dari penggiat lingkungan hidup Desa Langadai dan pemerintahan Desa setempat, tambahnya.

Sementara, Plt Kepala Desa Langadai Tri Sutrisno mengungkapkan, pihaknya sangat senang dan mengapresiasi kepada Indocement atas kontribusinya dan konsistensinya terhadap Desa mitranya.

Terpilihnya Desa Langadai sebagai salah satu nominator dari Proklim yang tidak lepas dari kerjasama yang erat antara Desa Langadai dengan Indocement, oleh karenanya, Pemdes Langadai menyampaikan terima kasih yang sangat mendalam kepada Indocement atas konsistensinya dalam turut menjaga kawasan mangrove Desa Langadai sejak tahun 2014.

Bimbingan melalui pelatihan yang digelar oleh perusahaan dan juga danau (Embung) Langadai sebagai salah satu poin dalam penilaian Proklim karena airnya telah disalurkan ke sekitar 100 kepala keluarga masyarakat Desa Langadai, serta beberapa program lainnya seperti madu kelulut, ujarnya.

Ia berharap dengan status Desa Proklim Utama tingkat nasional untuk Desa Langadai akan menjadi insiprasi bagi Desa-Desa mitra Indocement lainnya untuk semakin peduli terhadap lingkungan untuk mencegah terjadinya perubahan iklim.

Sekali lagi terimakasih kepada Indocement, dan penghargaan yang diraih tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjaga lingkungan dengan baik, tutupnya.(Hrp)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Bapaslon Rusli- Syairi Rapatkan Barisan, Kunjungi Tim Dozer, PAN dan PDI-P

KOTABARU,kabarOne.cpm- BaPaslon Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru H. Muhammad Rusli- Syairi Mukhlis mulai merapatkan barisan…

8 hours ago

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

13 hours ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

13 hours ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

17 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

18 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

18 hours ago