Categories: Hukum

Jaksa Agung Burhanuddin Lantik 22 Pejabat Kejaksaan

Kabarone.com, Jakarta – Jaksa Agung RI. Dr. Burhanuddin, SH. MH. melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen dan beberapa pejabat eselon II antara lain Sekretaris Jaksa Agung Muda/Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan, Inspektur, Direktur dan beberapa Kepala Kejaksaan Tinggi bertempat di Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung RI. di kawasan Ragunan Jakarta Selatan Selasa 08 Desember 2020.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat Eselon II yang dilaksanakan berdasar Surat Keputusan Jaksa Agung RI. Nomor 250 Tahun 2020 tanggal 4 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Kejaksaan.

dihadiri oleh Wakil Jaksa Agung RI. Setia Untung Arimuladi, SH. MH. para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Pendidikan dan Latihan serta Para Staf Ahli Jaksa Agung RI. serta Ketua Komisi Kejaksaan RI. Dr. Barita Simanjutak, SH.

Selanjutnya pejabat yang dilantik yaitu :

1. Aditia Warman sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan
2. Chairul Amir sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan ;
3. Jaya Kesuma, SH. M.Hum. sebagai Sekretaris Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan
4. Raden Febrytriyanto sebagai Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan
5. Nanang Sigit Yulianto, SH. MH. sebagai Inspektur V pada Jaksa Agung Muda Pengawasan
6. Sudarwidadi sebagai Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus
7. Andi Herman sebagai Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus
8. Bernadeta Maria Erna Elastiyani sebagai Direktur Pertimbangan Hukum pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara
9. Sapta Subrata sebagai Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Tata Usaha Negara
10. Andi Muh Iqbal Arief Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan
11. Asep Maryono sebagai Kepala Biro Hukum pada Jaksa Agung Muda Pembinaan
12. Leonard Eben Ezer Simanjuntak sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum
13. M Rum sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan
14. Ida Bagus Nyoman Wismantanu sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara
15. Hari Setiyono sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau
16. Sardjono sebagai kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara
17. Masyhudi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat
18. Tomo sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat
19. Albina Dina Prawitaningsih sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara
20. Anwarudin Sulistiyono sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat
21. Rudi Prabowo Aji sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan ;
22. Asep Nana Mulyana sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Banten

Pada kesempatan sambutan, Jaksa Agung RI mengajak semua yang hadir dalam acara pada hari ini, untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wattaala, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas segala rahmat, hidayat dan karunia-Nya meskipun di tengah-tengah keterbatasan dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir ini, kita masih diberikan nikmat sehat untuk tetap senantiasa melaksanakan tugas dan dapat berkesempatan hadir guna mengikuti prosesi pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung RI.
Prosesi ini bukan hanya sebagai bagian dari upaya guna menjaga keberlangsungan serta eksistensi organisasi saja, melainkan sebuah momen bagi kita bersama untuk mengingat, menyadari dan mengukuhan kembali akan kewajiban dan tanggung jawab besar untuk senantiasa meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan lebih baik lagi.
Oleh karenanya, dalam setiap promosi dan mutasi diperlukan suatu evaluasi, pertimbangan yang matang dan penilaian yang obyektif sebagai dasar menempatkan mereka yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, dan kualitas yang memadai untuk ditugaskan pada suatu jabatan tertentu sesuai dengan kebutuhan organisasi guna tercapainya kinerja yang optimal, terselenggaranya penegakan hukum yang berkeadilan dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.
“ Berkenaan dengan hal tersebut, saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Eselon II yang baru saja dilantik. Saya yakin dan optimis penempatan saudara pada posisi yang baru sudah tepat dan akan berkontribusi memberikan manfaat positif bagi terwujudnya Kejaksaan yang profesional, modern, bermartabat, dan tepercaya.” ujar Jaksa Agung memberikan ucapan dan dorongan semangat ;
Untuk mewujudkan Kejaksaan sebagaimana yang diharapkan kita bersama, Jaksa Agung RI. memberikan beberapa pokok penekanan tugas yang harus segera dilaksanakan yaitu :
Segera identifikasi, pelajari, kuasai, dan selesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan baru, guna akselerasi dan akurasi dalam pelaksanaan tugas.
Ciptakan suasana kerja yang produktif, inovatif, transparan dan akuntabel dalam pelaksanaan tugas, serta tumbuhkan etos kerja yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat namun harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.
Wujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada hati nurani dan integritas luhur yang menjadi landas pijaknya.
Kawal dan sukseskan setiap kebijakan pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Jaga integritas, jauhi penyimpangan, dan perbuatan tercela dalam pelaksanaan tugas.
Secara khusus Jaksa Agung RI. juga memberikan penekanan kepada para Kajati dalam rangka pelaksanaan Pilkada di wilayah masing-masing “ saya perintahkan saudara untuk segera melaksanakan tugas dan saya memberikan beberapa pokok penekanan tugas yang saudara harus laksanakan ” yaitu :
Pastikan perhelatan Pilkada diwilayah saudara berjalan lancar dan aman.
Segera pelajari dan evaluasi kondisi serta situasi wilayah saudara, kendalikan dan monitor setiap perkembangan yang berpotensi menimbulkan ancaman dan hambatan dalam pelaksanaan Pilkada.
Jaga netralitas personil dengan tidak menunjukkan keberpihakan, terlebih dengan cara menyalahgunakan jabatannya untuk memenangkan salah satu calon pasangan kepala daerah tertentu.
Berperan aktif meningkatkan koordinasi dan hubungan kerjasama yang baik dengan semua pihak dan komponen di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), guna mencegah, mengantisipasi, sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan terkait penyelenggaraan Pikada yang berpotensi mengganggu berbagai aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat.
“ Selain itu, saya juga tidak henti-hentinya mengingatkan agar senantiasa mengoptimalisasikan pengawasan dan pendampingan terhadap penggunaan anggaran penanganan Covid-19. Pastikan penggunaan anggaran tersebut tidak disalahgunakan dan sesuai dengan diperuntukkannya. Pastikan pula tidak ada satupun jajaran kita yang menyalahgunakan jabatannya dan melakukan perbuatan tercela dalam proses pendampingannya. ” ujar Jaksa Agung RI. ;
“ Saya berharap saudara-saudara yang baru dilantik mampu menindaklanjuti perintah tersebut, sehingga diharapkan dapat membawa Kejaksaan menjadi lembaga yang mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat, bangsa, dan negara sehingga memulihkan public trust masyarakat kepada institusi Kejaksaan.” tegas Jaksa Agung RI. kembali ;
Sebelum mengakhiri amanatnya Jaksa Agung juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama “ Atas nama korps dan pribadi, saya sampaikan terima kasih atas pengabdian kerja saudara-saudara. Begitu juga, kepada para istri pejabat lama, saya sampaikan pula terima kasih atas kesabaran dan kesetiaan mendampingi suami selama bertugas.” jelas Jaksa Agung RI.
Selanjutnya kepada para pejabat yang baru dilantik, “ Saya ucapkan selamat bekerja, hindari penyalahgunaan wewenang dan jabatan sehingga dapat mencoreng nama pribadi dan institusi. Sumpah serta janji jabatan yang saudara ucapkan tadi, harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dan jangan sampai larut oleh intervensi dan keinginan pihak-pihak yang dapat mengganggu penegakan hukum yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Kejaksaan yang dapat menghancurkan soliditas institusi. Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya.” ujar Jaksa Agung RI.
“ Ucapan selamat saya sampaikan pula kepada para istri pejabat yang baru dilantik, disertai harapan agar dapat mendampingi dan mendukung tugas-tugas suami, karena kedamaian dan keserasian kehidupan keluarga merupakan faktor yang mempunyai pengaruh besar bagi kondisi psikologis dan mental suami dalam melaksanakan tugas.” pesan Jaksa Agung RI. mengakhiri sambutannya. (sena).

redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

7 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

7 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

14 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago