Daerah

PAC ANSOR Sekaran Gaungkan Bulan Banser, Banser yang memiliki ketrampilan Khusus dan terlatih

Lamongan,Kabarone.com – Banser biasanya identik dengan masalah keamanan baik itu hajatan ataupun acara keagamaan lain yang membutuhkan tenaga keamanan dari Banser. Hal ini disanggah langsung oleh Mauludvian Aristia Ardiansyah Ketua PAC. ANSOR Kecamatan Sekaran, bahwasannya Banser tidak hanya berkecimpung dibidang keamanan saja, akan tetapi punya sub bidang lain dengan kemampuan yang memadai seperti BAGANA, BASADA, BALANTAS dan BALAKAR.

“Makanya mas kenapa kita buat acara Bulan Banser, di mana didalamnya ada kegiatan pelatihan Banser dalam berbagai bidang kemanusiaan, ada bidang Bagana (Banser tanggap bencana), didalam pelatihan Bagana ini kita melakukan kegiatan tanggap bencana alam, baik itu banjir, gempa, ataupun bencana alam lainnya, ada juga bidang Basada (Banser Bhakti Husada) yang melatih para Banser dalam hal penanganan pengobatan bagi masyarakat yang memerlukan pertolongan pengobatan, yang sudah sering kita ketahui adalah bidang Balantas (Banser lalu lintas) yaitu kegiatan dimana para anggota Banser membantu masyarakat dalam kegiatan berlalulintas, ada pula bidang Balakar (Banser pemadam kebakaran) pelatihan Banser dalam mengatasi masalah kebakaran. Di dalam pelatihan ini, kita juga menggandeng instansi-instansi yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing” ujar pemuda 30 tahun ini kepada awak media. Minggu,(7/02/2021).

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 kader Banser Kecamatan Sekaran ini berlangsung sangat baik, antusias para kader Banser sangat tinggi, Karena pasalnya belum ada kegiatan seperti ini di Kabupaten Lamongan. Pelatihan yang pertama ini kita adalah di WIEKES sekaran. kalau biasanya ada pelatihan bersama sub bidang selalu digabung jadi satu, atau kadang satu bidang saja dan biasanya hanya sehari penuh. hal itu dinilai menyebabkan kurang efektifnya hasil akhir dari sebuah pelatihan kepada para banser. Atas hasil kajian tersebut kita berinisiatif memecah pelatihan menjadi bidang masing-masing dan membagi anggota Banser sesuai keinginan dan ketrampilannya, terang Ketua PAC ANSOR Sekaran, Mauludvian Aristia Ardiansyah.

“Sebetulnya antara bidang BAGANA dan BALAKAR itu punya spesifikasi ilmunya masing-masing, yakni pelatihan yang berbeda cara penanganannya jadi harusnya dipilah-pilah”, ujarnya Vian.

Rencananya Bulan Banser ini dalam Latihan Bersamanya (LATBER) akan yang dilakukan empat kali dalam satu bulan ini, yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Hal ini akan berlangsung di beberapa tempat berbeda di Kecamatan Sekaran.

Seperti LATBER BAGANA sekarang ini misalnya, Dengan peralatan serta mentor pelatihannya langsung dari LPBI NU yang Perlengkapannya sesuai standart nasional ini diharap agar maksimal dalam melakukan kegiatan pelatihan BAGANA bersama ini.

” Kami ingin membuat inovasi baru, Yang mungkin bahkan baru pertama di adakan di indonesia, kami beri tagline Spesial yaitu Bulan Banser. Semoga hal ini menjadi inspirasi untuk seluruh Anggota ANSOR di indonesia, khususnya Lamongan. Kegiatan ini kami lakukan dengan swadaya sendiri dari teman teman seluruh anggota serta juga tak lepas juga dari dukungan para senior ANSOR terdahulu”, imbuh vian.

Masih di tempat yang sama, menurut Ketua Panitia sekaligus sebagai Kepala Satkoryon Banser Sekaran, Maghfur Aly dirinya menegaskan,  “Saya berharap pelatihan ini diadakan setiap tahunnya di Lamongan dan bisa menjadi acuan untuk seluruh kader Banser senusantara, karena anggota banser tersebar dan ada di seluruh daerah di indonesia. Banser selama ini belum dilibatkan secara penuh untuk kegiatan kegiatan kemanusiaan, kami ingin banser lebih dan punya kemampuan khusus. Sudah saat nya banser Upgrading, Semoga Hal ini bisa di duplikasi sahabat Banser di Lamongan maupun di kota lain untuk dapat melakukan kegiatan pelatihan yang lebih spesifikasi dan lengkap” ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan ini semoga paradikma masyarakat terhadap Banser tidak hanya dalam hal pengamanan saja, tetapi ikut andil dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat. (F2)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Bapaslon Rusli- Syairi Rapatkan Barisan, Kunjungi Tim Dozer, PAN dan PDI-P

KOTABARU,kabarOne.cpm- BaPaslon Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru H. Muhammad Rusli- Syairi Mukhlis mulai merapatkan barisan…

22 mins ago

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

5 hours ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

6 hours ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

9 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

10 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

10 hours ago