Daerah

Pemkab Kotabaru Sambut Baik Pelatihan Peningkatan Posyandu Pencegahan Stunting

KOTBARU,kabarone.com- Dalam upaya meningkatkan kapasitas kader Posyandu di Kabupaten Kotabaru, Posyandu Keliling Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam mengadakan Pelatihan peningkatan kapasitas kader Posyandu dan KPM Desa dalam pencegahan stunting khususnya di Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam Kotabaru yang digelar di Operation Room, Rabu 17/3/2021.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, terhitung dari tanggal 17-18 Maret 2021 yang diikuti oleh 60 orang kader Posyandu dari Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Hadir dalam acara ini Asisten Perekonimian dan Pembangunan H. Akhmad Rivai, CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT Aldian Ninja Kartika, Ketua Posyandu Keliling Kecamatan Pulau Laut Utara Hj. Wahdiah, narasumber Arya Nor Abdi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kotabaru dan Susilo Bani.P.S.Sos, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kemendesa Kabupaten Kotabaru.

Akhmad Rivai, asisten Perekonomian dan Pembangunan membuka secara resmi acara, dan mengatakan untuk meningkatkan kader Posyandu sangat penting dan Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan ini dengan Mengutamakan Kesehatan ibu, bayi dan balita dalam pencegahan stunting.

Untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu terkait pentingnya memenuhi nutrisi pada 1000 hari kehidupan pertama, namun dalam hal ini para kader diberikan pemahaman terkait pentingnya 1000 hari kehidupan pertama dalam mencengah stunting atau gagal tumbuh pada anak, ujar Rivai.

1000 hari kehidupan pertama dihitung mulai dari kandungan hingga anak berusia 2 tahun, melalui kapasitas ini, para kader diharapkan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya 1000 HPK, sehingga masyarakat memahami dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk mencegah stunting.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, para kader Posyandu diharapkan mengikuti protol kesehatan saat melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, ungkapnya.

Terpisah, CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT Aldian Ninja Kartika melalui supervisor CDEA Yogi Swara Putra Mendra mengatakan, pelatihan pencegahan stunting bagi kader posyandu di wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam ini adalah salah satu bentuk partisipasi Arutmin dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

Kata Yogi, dengan pelatihan ini diharapkan kader Posyandu sebagai salah satu ujung tombak penggerak kesehatan di masyarakat yang bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya pencegahan stunting khususnya di Kabupaten Kotabaru ini.

Katanya lagi, Arutmin akan terus mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah melalui program-program yang melibatkan masyarakat secara langsung, sebagai bagian dari masyarakat di wilayah Kabupaten Kotabaru dalam hal ini adalah salah satu bentuk partisipasi dan kontribusi Arutmin.

Selain itu kader posyandu akan memiliki peranan yang sangat penting, terutama untuk mendampingi ibu- ibu agar program 1000 Hari Kehidupan Pertama dapat terlaksana dengan optimal, tutupnya.(HRB)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago