Daerah

Implementasi QRIS Secara Resmi Di Launching Oleh Sekretaris Daerah Kotabaru

KOTABARU, kabarOne.com- Implementasi SIAP (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) QR Code Indonesian Standard (QRIS) oleh Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan bersama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan resmi di launching oleh Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM di Pasar Limbur Raya Kotabaru, Kamis 08/09/2022.

SIAP QR Code Indonesian Standard QRIS adalah pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Launching Implementasi SIAP QRIS di Pasar Limbur Raya Kotabaru ini bertujuan untuk mempermudah dan membantu pembeli untuk melakukan pembayaran non tunai melalui aplikasi online bentuk scan barcode yang bersifat non tunai.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang diwakilkan Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad, MM mengapresiasi launching siap QRIS di pasar Limbur Raya Kotabaru dan ini merupakan wujud nyata Kotabaru dalam hal meningkatkan kemudahan bertransaksi.

Launching siap QRIS ini menjadi momentun untuk mempersiapkan pasar dan pusat perbelanjaan dalam memasuki era kenormalan baru, dan kegiatan ini adalah wujud nyata Kabupaten Kotabaru satu langkah untuk lebih maju dalam hal peningkatan kemudahan bertransaksi, baik terkait aktivitas jual beli maupun retribusi di Pasar Limbur Raya Kotabaru, ungkap Sekda.

Sekretaris Daerah Kotabaru juga berharap, dengan adanya aplikasi QRIS mampu meningkatkan transparan pajak daerah serta “SIAP QRIS” dapat disosialisasikan.

Dengan adanya aplikasi QRIS ini juga harapannya mampu meminimalisir tingkat kebocoran PAD, meningkatkan transparansi pajak daerah dan retribusi daerah.

Oleh karenanya, saya berharap agar “SIAP QRIS” dapat disosialisasikan dengan baik kepada semua lapisan masyarakat dan para pedagang agar dapat terwujud kemudahan transaksi jual beli di Pasar Limbur Raya, harap Sekda.

Selain itu, Sekretaris Daerah juga berharap agar Dinas terkait melakukan pengawasan pasca kenaikan BBM beberapa waktu lalu.

Saya minta kepada tim satgas pangan Kotabaru untuk segera bergerak mengawasi peredaran barang bahan pokok ini dalam upaya pencegahan penumpukan-penumpukan bahan pokok.

Dengan adanya operasi pasar yang nantinya akan dilaksanakan oleh Dinas terkait, saya harapkan dapat mengatasi inflasi yang ada di Kabupaten Kotabaru, Tambah Sekda

Sementara itu dalam laporan Kepala Dinas Koperindag Kotabaru Ir. H. Hardhani., M.Si menyampaikan, bahwa hari ini kita ada lauching SIAP QRIS untuk mempermudah berbelanja dan operasi pasar murah dalam rangka pengendalian inflansi daerah Kabupaten Kotabaru.

Sebagai salah satu upaya mempermudah transaksi keuangan bagi pedagang Limbur Raya di Kotabaru, Bank Indonesia akan menerapkan layanan digital yang selanjutnya akan diterapkan dipasar-pasar tradisional di Kotabaru. Selain itu, QRIS ini juga bisa dipakai untuk mempermudah pedagang pasar limbur raya dalam membayar retribusi jasa usaha dan jasa umum, kata Kadis Koperindag

Kegiatan launching ini juga diisi dengan pasar murah bagi masyarakat dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kotabaru.

Kami laporkan juga bahwa hari ini ada dilaksanakan operasi pasar murah dalam rangka inflasi daerah Kabupaten Kotabaru yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur, daging ayam, bawang merah, gas LPG 3 kg, yang diikuti Dinas Perdagangan Prov. kalSel, Dinas Ketahanan Pangan Prov. KalSel, Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. kalSel, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. KalSel, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. KalSel, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru, Dinas Pertanian Kotabaru, Dinas Perikanan Kotabaru, PT. Some Derby Oil Refinary Pulau Laut, PT. Bulog Kotabaru, Agen LPG3 kg PT. Melati Indah Mandiri, Bank BNI, Bank BPR, Lanjut Kadis Koperindag

Sedangkan dari Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Bimo Epyanto mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kotabaru telah melakukan sinergi yang baik.

Kegiatan atau launching SIAP QRIS merupakan upaya untuk mendorong perluasan impulsive keuangan dan pembayaran digital masyarakat dalam hal ini termasuk implementasinya di pasar tradisional dan juga industri lokal dengan pemanfaatan pembayaran melalui Qris, ucap Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan

Dan perlu diketahui, QRIS ini sudah dilaunching pertama kali di bulan Agustus tahun 2019, yang merupakan suatu sarana standarisasi pembayaran untuk memudahkan proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat, murah, mudah dan handal, serta lebih efisien dalam bertransaksi.

Launching Siap QRiS ini juga dilakukan penyerahan sertifikat penghargan kepada partisipasi operasi pasar murah serta pemberian Mock Up SIAP QRIS, dan Simbolis Kick Off SIAP QRIS. Dan Penyerahan Cinderamata dari Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Sekretaris Daerah Kotabaru bersama Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan juga berkesempatan mengunjungi beberapa toko dan sesekali berdialog dengan pemilik toko yang ada di pasar Limbur Raya Kotabaru.

Launching SIAP QRIS ini selain dihadiri Sekretaris Daerah Kotabaru, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. KalSel, Kepala Dinas Perdagangan Prov. KalSek, Forkopimda Kotabaru, Asisten dan Kepala SKPD Lingkup Kotabaru, Perbankan dan tamu lainnya.(HRB)

By; Diskominfo/Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

4 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

8 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago