News

OKU Timur Sukses Panen Padi Nusantara Bersama Presiden Jokowi

OKU Timur Sumsel ,Kabar One.com– Dinas Pertanian OKU Timur Bersama Bupati OKU Timur sukses gelar panen Padi Nusantara secara serempak se-Indonesia 1 juta hektar salah satunya di Kabupaten OKU Timur seluas 25 hektar dari total luas 137 hektar di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur, Sumatera Selatan pada Kamis (09/03/2023).

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. mengatakan pertanian di OKU Timur merupakan salah satu sumber PDRB bagi masyarakat. Bupati OKU Timur menginginkan kenaikan ekonomi melibatkan orang banyak, jadi masyarakat ikut terlibat dalam memajukan Kabupaten OKU Timur melalui lahan sawahnya yang produktif sehingga tidak sia-sia dalam pembangunan karena mewujudkan kesejahteraan. Pundi-pundi kekayaan pada sektor pertanian dan dimiliki masyarakat OKU Timur itu sendiri.

“Kenaikan ekonomi itu akan sia-sia bila tidak melibatkan orang banyak, OKU Timur tidak demikian, hal ini dibuktikan dengan lahan pertanian yang seluruhnya dimiliki oleh masyarakat. Semuanya bisa berkesempatan memajukan Kabupaten OKU Timur maju lebih mulia,” jelas Lanosin.

“Saya mencita-citakan 1 Juta Ton GKP hasil panen Kabupaten OKU Timur pada tahun 2023 ini, semoga bisa kita wujudkan bersama. Program GSMP dan Merdeka Pangan agar bisa diterapkan, selain untuk menekan inflansi saya harap ini juga dapat membantu dan mengurangi pengangguran,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Junadi, S.P., M.M, mengatakan, panen padi nusantara dilaksanakan serentak di 66 titik kabupaten dan kota di Indonesia. Panen Padi di Desa Raman Agung seluas 25 hektar yang akan dipanen dari total luas 137 hektar. Luas panen di OKU Timur pada Januari 2023 seluas 2.512 hektar dengan produksi 19.718 Ton/GKP. Luas panen pada Februari 2023 seluas 6.686 Ha dengan produksi 51.049 Ton/GKP.

“Prediksi luas panen di OKU Timur Maret 2023 seluas 17.791 hektar dengan produksi 135.839 Ton/GKP. Rencana luas panen 2023 dengan target produksi 865.960 ton GKG maupun setara dengan 1.018.000 ton GKP,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian Husnanin, S.P, M.P, MSc, PHD, mengapresiasi Kabupaten OKU Timur atas terselenggaranya kegiatan panen padi nusantara ini. OKU Timur terpilih menjadi satu dari 66 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang melaksanakan panen raya dengan Presiden RI yang berada di Kebumen.

“Kami apresiasi OKU Timur kegiatan panen padi nusantara ini, OKU Timur terpilih menjadi satu dari 66 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang melakukan panen padi serentak se-Indonesia dengan Presiden RI Bapak Jokowi,” terangnya.

“Kami sedang mengusulkan metode satelit yang sudah dibuatkan sistem informasi bernama Siskop, jadi dari satelit kita pantau, satelitnya beresolusi 10 M, kita bisa mendapatkan informasi, bisa dua minggu sekali realtime, terkait perkembangan pertanian skala nasional,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T., BPTP Sumsel, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, BPS OKU Timur, Kepala BBPSISDLP, Junadi, S.P., M.M, selaku Kepala Dinas Pertanian OKU Timur beserta jajarannya, Listoyo, S.E., S.P., M.Si. selaku Ketua DPW PERHIPTANI Sumsel, Andri Irawan, S.P. M.Si. selaku DPD PERHIPTANI Kabupaten OKU Timur, Kapolres OKU Timur, Sugeng Supriyatno, S.P. M.Si selaku Staf Khusus Bupati OKU Timur, Penyuluh Pertanian, PPEP OKU Timur, KWT, dan Kepala Desa yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Penulis: Preli Yulianto)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Spirit Al-Maun Jejaki KH. Ahmad Dahlan, Lazismu OKU Timur Bagikan Nasi Kotak untuk Masyarakat

OKU Timur, Kabar One.com– Sprit Al-Ma’un mengajarkan aktualisasi terhadap aspek sosial agar bagai mana umat…

9 hours ago

Ketua PC IMM Ngawi Apresiasi Buku Pelukan Ramadan

Ngawi, KabarOne.com – Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Ngawi, Uswatun Hasanah, memberikan…

9 hours ago

Ini Kata Ketua DPRD Setelah Ditetapkannya Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

KOTABARU,kabarOne.com- Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kotabaru di laksanakan oleh Komisi…

10 hours ago

JAM-Intelijen: “Kehadiran Rumah Adhyaksa Banten Bukti Kejaksaan Peduli Masyarakat Banten

Jakarta, Kabar One.com– Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Reda Manthovani selaku Ketua Pokja Pembangunan Rumah…

16 hours ago

Pentingnya Manajemen Media Ciptakan Pilkada Damai, Kabidhumas Polda Jateng : Jangan Menjauhi Wartawan

BANYUMAS,kabarone.com - Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menekankan manajemen media memiliki peran penting bagi…

18 hours ago

MA Raih Penghargaan Dari BKN

JAKARTA,Kabar One .com; Mahkamah Agung menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam kegiatan Instrumen…

20 hours ago