Daerah

Berikan Kontribusi Positif, PT Arutmin Indonesia Gandeng Dinas Pendidikan Gelar Kejar Paket B

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia Senakin Mine melalui program PPMnya secara konsisten memberikan kontribusi positif bagi pemberdayaan masyarakat, salah satunya implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan berupa pemberian program pendidikan kejar paket B bagi warga Lingkar Tambang, Rabu 16/3/2023 di Aula Kantor Kecamatan Kelumpang Utara.

PT Arutmin Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kotabaru melalui pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Taman Firdaus Kecamatan Kelumpang Utara untuk berkontribusi dalam melakukan pembinaan pendidikan untuk masyarakat Lingkar Tambang.

Program pendidikan menengah universal atau wajib belajar 12 tahun mengacu pada peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 12 tahun 2015 tentang program Indonesia pintar yang bertujuan untuk meningkatkan akses bagi warga untuk mendapatkan layanan pendidikan hingga tamat satuan pendidikan menengah.

CD Officer Community Development PT Arutmin Indonesia Senakin Mine Fery Ariadi Wardahani mengatakan, untuk ke depannya program paket B ini bukan hanya di Desa Sei Seluang saja, kalau bisa di dua Kecamatan, seperti yang di laksanakan tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk program paket C nantinya akan di koordinasikan terlebih dulu dengan pimpinan bahwa program paket C akan di lanjutkan lagi pelaksanaanya.

Kata Fery, artinya untuk saat ini saling berkoordinasi dulu dan bisa di daftarkan ke Dinas baru di masukkan proposal kegiatan kemudian di laksanakan pembukaan paket C, ujarnya.

Camat Kelapangan Utara Achmad Sjuhada mengatakan, dalam rangka memfasilitasi salah satu keperluan atau kebutuhan di dalam mensukseskan pendidikan sistem paket, jadi kepada para warga belajar jangan berkecil hati karena ini setara dengan pendidikan formal lainnya.

Mudah-mudahan PT Arutmin bisa kembali menindaklanjuti pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu paket C, karena peminatnya sudah mencapai 29 orang dan itu baru dua Desa, mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti untuk keberlanjutan khususnya di Kecamatan Kelumpang Utara.

Dan ini memang salah satu barometer kita untuk mensukseskan atau meningkatkan IPM kita, karena IPM Kabupaten Kotabaru 69,74 dan Kotabaru barada di urutan ke 9 untuk wilayah Kalimantan Selatan, jadi khususnya untuk indikator pendidikan harus di genjot karena pendidikan merupakan pelayanan dasar.

Sebelumnya di namakan angka buta aksara tapi sekarang di ganti menjadi angka harapan lama sekolah, kalau angka lama sekolah itu faktanya berapa kemampuan daerah untuk mengembangkan beberapa tahun ke depan, dan seberapa jauh masyarakat di Kabupaten Kotabaru ini untuk mengenyam pendidikan, ujar Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kotabaru H. Selamat Riyadi.

Secara statistik Kabupaten Kotabaru masih rendah dan ini memang merupakan tugas bersama dalam rangka untuk meningkatkan lama sekolah, dengan bentuk program paket B setara SMP untuk Kecamatan Kelumpang Utara.

Dengan adanya wacana di lanjutkannya lagi program paket C karena sudah ada calon- calon warga belajar untuk program paket C yang pada prinsipnya kami mendukung untuk di lanjutkannya kembali program paket C.

Saya ucapkan apresiasi dan terimakasih serta penghargaan kepada PT Arutmin Indonesia yang terus menerus membantu dalam rangka upaya meningkatkan untuk pendidikan khususnya akses pendidikan dasar 9 tahun untuk warga masyarakat Lingkar Tambang.

Setelah tahun 2006 ada surat peraturan dari Mendikbud yang menyatakan bahwa ijazah paket A, B, C itu bisa di gunakan untuk apa saja, nah oleh karena itu para warga belajar yang terdaftar dan mengikuti program paket B, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

12 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago