Hukum

Djuyamto Sh MH, Pengurus IKAHI Pusat Apresiasi Pernyataan Rocki Gerung

Jakarta Kabarone.com,-Pengurus Pusat IKAHI (Sekretaris Bidang Advokasi) Djuyamto SH MH, mengapresiasi dan membenarkan pernyataan Rocky Gerung yang ditayangkan dalam acara Talk Show HUT IKAHI ke 70. Dalam acara tersebut Rocki Gerung menyampaika , bahwa pemenuhan basic need para hakim itu sangat urgent dalam konteks integritas.

Djuyamto yang juga salah seorang Hakim di Jakarta Selatan, dan juga anggota majrlis hakim sidang perkara perintangan penyidikan kasus Alm Brigadir Josua Hutabarat itu menyampaikan, apa yang dikatakan Rocky Gerung bukan hal yang baru. Karena pada kurun waktu tahun 2010 sebelum terbit Peraturan Pemerintah (PP) No.94 Tahun 2012, tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim, para hakim muda di daerah-daerah pernah menyuarakan terkait Kesejahteraan Hakim merupakan bagian dari upaya sistematis Negara untuk menjaga integritas Hakim.

Yang mana, sebelum terbit PP No.94/2012, telah memberikan tunjangan penghasilan dan beberapa hak keuangan lainnya kepada para Hakim. Akan tetapi, sampai sekarang sudah kurang lebih 10 tahun,  nilai tunjangan tersebut tidak ada perubahan. Sementara fluktuasi nilai materiil penghasilan tentu berubah,” ungkapnya.

Djuyamto juga menambahkan, dahulu para hakim muda yang tergabung dalam Forum Diskusi Hakim Indonesia (FDHI) dimana semua itu merupakan anggota IKAHI, berharap agar Negara lah yang semestinya berinisiatif memenuhi kesejahteraan Hakim dalam rangka menegakkan Negara hukum. Semua para Hakim berharap, disuarakannya kembali basic need hakim oleh Rocky Gerung yang nota bene pihak eksternal (bukan seorang Hakim), merupakan bagian dari keinginan publik. Sebab persoalan yang menyangkut Hakim (kekuasaan Hakim) juga menjadi perhatian semua pihak tidak hanya persoalan para hakim semata,” ucap Djuyamto SH MH.

Penulis : P.Sianturi

Redaksi

Recent Posts

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

1 hour ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

7 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

20 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

20 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

21 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

23 hours ago