Hukum

Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara Diganti Pisah Sambut Dihadiri Forkopimko

Jakarta Kabarone.com,-Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimkp) Kota Administrasi Jakarta Utara, hadiri serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, 16/5/2023.

Pergantian Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang sebelumnya dijabat  Tumpal Sagala, digantikan Khamim Tohari, dimana beliau sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tangerang tersebut. Acara yang sederhana tersebut dihadiri langsung Ali Maulana Hakim selaku Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara didampingi Asisten Pemerintahan Iyan Sofiyan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kajari Jakarta Utara, Atang S, dari Polres Jakarta Utara, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Kepulauan Seribu, Dandim 0502/JU , Imigrasi Jakarta Utara, Perwakilan dari Dirjen Pas, PPA dan undangan lain serta seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Jakarta Utara hadir dalam acara serah terima yang dilangsungkan di Aula Kantor PN Jakarta Utara, Jalan Ancol Selatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Sebelum melakukan serah terima dan ramah tamah, Pemberhentian Ketua lama dan Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan sebagai Ketua Pengadilan yang baru telah dilangsungkan di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, pada pagi harinya oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Dalam kata sambutannya, Ketua PN yang baru Khamim Tohari menyampaikan, dirinya akan melaksanakan dan memperbaiki apa yang telah digagas Ketua PN yang sebelumnya. Koordinasi antar instansi yang selama ini telah berjalan baik, semoga kedepannya akan lebih baik. Khamim Tohari yang didampingi istri tercintanya itu menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran para pejabat pimpinan Kota Jakarta Utara dan kepada seluruh hakim dan pegawai PN Jakarta Utara dalam acara pisah sambut tersebut.

Sementara dalam kata sambutan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyampaikan semoga hubungan baik seluruh pimpinan tingkat kota Jakarta Utara yang selama ini terjalin baik akan berjalan lebih baik, ucapnya.

Sebagai informasi, mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Tumpal Sagala, akan pindah tugas menjadi Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Medan, Sumatera Utara. Sementara Khamim Tohari, sebelumnya menjabat di Pengadilan Negeri Tangerang sebagai Wakil Ketua Pengadilan. Dalam perjalanan tugasnya, Khamim Tohari telah melanglang buana hampir keseluruh Indonesia, termasuk bagian Timur Indonesia wilayah Provinsi Papua dan wilayah Provinsi Aceh, serta di beberapa Provinsi lainnya di Pulau Jawa hingga menjabat di PN Tangerang, lalu mendapat promosi jadi Ketua PN Jakarta Utara.

Sebagai opini publik, entah kenapa dan bagaimana dan apa yang terjadi disaat kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara dimasa Tumpal Sagala, sejumlah pegawai Pengadilan menyambut baik kepergian Ketua lama tersebut, bahkan sejumlah pegawai menyampaikan dalam obrolan dikedai kopi, Tumpal Sagala terlalu lama bertugas di PN Jakarta Utara, yang bisa berdampak pada keterlambatan karir.

Tanpa menceritakan alasan alasan apa makanya ada obrolan yang demikian tapi itu merupakan rahasia instansi. Apakah karena pembagian berkas perkara yang tidak merata, atau kah pembenahan terhadap seluruh pegawai Pengadilan yang terlalu keras dilakukan mantan Ketua tersebut, semuanya itu Ketua PN lah yang tahu dan seluruh pegawai. Hal ini mungkin bisa sebagai pembelajaran dan pembenahan terhadap Ketua PN yang baru.

Penulis : P.Sianturi

Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

7 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

9 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

9 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

16 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

21 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago