Daerah

Ajak Stakeholder Untuk Berkolaborasi, Kampung Keluarga Berkualitas Diresmikan Bupati Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Desa Kampung Keluarga Berkualitas se-Kabupaten Kotabaru Tahun 2023 dan Launching Dashat yang di laksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPPPPAKB) Kotabaru.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya percepatan penurunan angka prevalensi stunting yang dilaksanakan di Aula Wisata Hutan Meranti Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Rabu 17/5/23.

Kepala BKKBN RI Dr. Hasto Wardoyo mengungkapkan, Optimis dengan SDM di Kabupaten Kotabaru akan berkembang dengan baik, apalagi adanya gerakan Dashat.

“Optimis SDM di Kabupaten Kotabaru akan berkembang dengan baik apa lagi adanya perusahan-perusahan, dan adanya gerakan Dashat (dapur sehat atasi stunting) akan ada dalam kampung keluarga berkualitas, apalagi selama saya keliling berkunjung Kabupaten Kotabaru merupakan Kota yang terindah sepulau Kalimantan, ujarnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kotabaru sebagai pelopor untuk Pencanangan Kampung KB, dan Kabupaten Kotabaru merupakan Kabupaten pertama dalam peresmian Desa Kampung Keluarga Berkualitas.

Ditambahkannya, dilakukannya kunjungan kerja ke Kabupaten Kotaanru guna menyampaikan strategi yang dilakukan Pemerintah untuk mencengah dan menurunkan angka stunting, dalam rangka mewujudkan Generasi Emas tahun 2045.

“Dengan memanfaatkan SDM yang ada dan optimis angka stunting di Kabupaten Kotabaru akan turun seperti yang terjadi di daerah-daerah lain, dengan strategi mencengah lahirnya stunting baru, bagi yang akan menikah harus aman dan diberikan edukasi, dengan 4 hal sumberdana yang bisa dipakai yaitu, Dana Desa, DHK Dinas Kesehatan, PHK Program dari Kementrian Sosial, dan Gotong Royong Bapam/Bunda Asuh.

Sementara Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar mengajak seluruh stakeholder berkolaborasi dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Kotabaru.

“Saya mengajak seluruh stakeholder untuk dapat terus untuk dapat terus meningkatkan koordinasi dan memperkuat kolaborasi agar program Kampung Keluarga Berkualitas dan Dashat dapat berjalan dengan baik sehingga target penurunan angka stunting nasional sebesar 14% dan di Kabupaten Kotabaru sebesar 13,24 % pada tahun 2023 dapat terwujud sesuai dengan harapan kita bersama,” harap Bupati.

Sedangkan dalam laporan Kepala DPPPAPPKB Kotabaru Sri Sulistiyani mengatakan, adapun program yang dilaksanakan dalam percepatan penurunan stunting dari berbagai lintas sektor dan memberikan edukasi kepada para remaja maupun ibu hamil.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga dan SDM terkait untuk percepatan penurunan angka stunting ada program salting (sedekah lawan stunting) dan setiap Jum’at untuk setiap SKPD agar melaksanakan SALTING,” ungkap Kepala DPPPAPPKB.

Perlu diketahui, DASHAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresi KK stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu, dengan memanfaatkan sumberdaya lokal yang dapat dipadukan dengan kontribusi dari mitra lain.

Peresmian Desa Kampung Keluarga Berkualitas dan Dashat ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala BKKBN RI bersama Bupati Kotabaru yang dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari BKKBN Provisi Kalimantan Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebagai Kabupaten Keluarga Berkualitas di Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kotabaru menyerahkan Plakat kepada BKKBN RI, dan secara simbolis menyerahkan antropometri kit dari Dinas Kesehatan kepada kader posyandu babaraan Desa Gunung Sari, penyertaan portabel dari Dinas Kesehatan kepada Puskesmas Dirgahayu, dan penyerahan paket nutri kehamilan kepada 3 orang ibu hamil yang diberikan PT Arutmin.

Bantuan tengki septik individual kepada keluarga beresiko stunting dengan bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, bantuan sosial melalui program keluarga harapan dari Dinas Sosial kepada keluarga dan anak-anak beresiko stunting.

Dan penyerahan rehab rumah tidak layak huni dari Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Pertanahan sebanyak 14 unit yang diserahkan secara simbolis 2 unit.

Sebelumnya dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Percepatan dan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Kotabaru, yang juga dihadiri Kepala BKKBN RI Dr. Hasto Wardoyo, SP.Og guna menyampaikan strategi dalam menurunkan angka stunting, yang berlangsung di OproomSetda Kotabaru.

Seperti yang diketahui, penurunan stunting sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yabg holistik, integratif dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi di antara pemangku kepentingan.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

5 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

6 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

7 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

14 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

19 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago