Daerah

Kick-Off Penyusunan Masterplan Jogja Smart Province

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Kick-Off penyusunan masterplan Jogja Smart Province 2.0 Kementerian Kominfo RI berlangsung di Kasultanan 2, Royal Ambarukmo, Jalan Laksda Adisucipto No. 81, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Rabu (12/7/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, Ketua DPRD DIY Nuryadi, Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, Wakajati DIY Amiek Mulandari, Kepala Bappeda DIY Danang S, Kadiskominfo DIY, Bupati se-DIY, Walikota Yogyakarta dan Kepala Telkom DIY.

Kick-Off penyusunan masterplan Jogja Smart Province 2.0 Provinsi DIY dengan tema “Harmonisasi Manusia dan Teknologi” dipimpin Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta yang mewakili Danrem 072/Pamungkas menghadiri acara tersebut.

Samuel A. Pangarepan, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, bacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi RI melalui daring. “Program ini sudah berjalan di daerah-daerah selama enam tahun,” kata Samuel A. Pangarepan.

Kominfo RI telah memberi pendampingan di 191 Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia. Sedangkan untuk wilayah Yogyakarta sudah mencapai 100 persen. Artinya, Yogyakarta sudah layak memulai Pembangunan Smart Province.

Jogja Smart Province (JSP) merupakan kolaborasi kewilayahan berbasis teknologi untuk mendukung penyelesaian isu strategis dan pengembangan potensi di DIY.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menyampaikan, pembangunan sarana dan prasarana Jogja Smart Province telah menjadi salah satu program prioritas pembangunan DIY sejak tahun 2017 sebagaimana diatur dalam Keputusan Gubernur DIY Nomor 163/KEP/2017 dan Nomor 353/KEP/2021.

Program prioritas tersebut kemudian salah satunya ditindaklanjuti dengan menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Daerah Jogja Smart Province 2019-2023.

Menindaklanjuti program tersebut disusun berlandaskan tiga nilai-nilai kearifan lokal, yaitu sangkan paraning dumadi, hamemayu hayuning bawana, dan manunggaling kawula lan Gusti.

Sedangkan yang menjadi ruang lingkupnya adalah pemerintahan cerdas, kebudayaan cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas dan masyarakat cerdas.

Terpilihnya DIY sebagai pilot project nasional implementasi Smart Province menjadi tantangan tersendiri, bagaimana berkolaborasi dan integrasi yang sudah dirintis pada fase 1 Jogja Smart Province. “Terus dilanjutkan dengan melakukan harmonisasi antara teknologi dengan masyarakat DIY melalui dukungan semua pihak,” tegas Gubernur DIY.

Acara diakhiri dengan penyerahan SK Gugus Tugas Smart Province kepada Walikota Yogyakarta dan Bupati se-DIY, Telkom dan PLN, yang diserahkan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dilanjutkan dengan materi bimtek perwakilan anggota gugus tugas Smart Province Kabupaten/Kota se-DIY.

Kapenrem 072/Pamungkas, Mayor Czi Agus Sriyanta, menyampaikan, Komandan Korem 072/Pamungkas yang ditunjuk selaku Dewan Smart Province Daerah Istimewa Yogyakatya siap mendukung suksesnya program Jogja Smart Province (JSP) di Kabupaten dan Kota wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakatya.

“Dengan adanya Jogja Smart Province ini sinergitas TNI, Polri dan Pemda semakin solid untuk menciptakan Yogya lebih modern berbasis digital, aman dan nyaman,” kata Mayor Czi Agus Sriyanta. (Fan)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago