Daerah

Quarry Open Day Bike To Nature, Tanam Pohon Dan Pelepasan Burung Khas Kalimantan

KOTABARU,kabarOne.com- Masih dalam rangkaian HUT Indocement ke 48 tahun di tahun 2023, PT. ITP Tbk plant 12 Tarjun mengadakan kembali agenda rutin tahunan Quarry Open Day Bike To Nature dengan tema Biodiversity for Greener Future.

10 komunitas yang ada di Kalimantan Selatan turut ikut serta mengikuti Quarry Open Day Bike To Nature yang di gelar di Quarry Mining ITP Desa Sidomulyo Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru, Minggu 6/8/2023.

Para peserta di haruskan menanam satu pohon yang di sediakan oleh panitia ketika melintas di jalur bekas Tambang PT ITP seluas 2 ha yang berada di area Bukit Pensil Tambang Batu Gamping dan area Tugu 3 Roda.

H. Teguh Iman Basuki, SSECSR Dept Head PT ITP mengatakan, Quarry Open Day Bike To Nature ini di laksanakan Indocement setiap tahunnya, kali ini dalam rangka HUT Indocement Ke 48 tahun di tahun 2023, dengan tema Biodiversity For Greener Future untuk masa depan yang lebih hijau.

Artinya kegiatan ini di kombinasikan dengan para peserta, selain mengikuti Quarry Open Day Bike To Nature peserta juga melakukan penanaman pohon yang di sediakan oleh panitia ketika melintas di jalur di area bukit pencil.

artinya Indocement sekaligus melakukan sosialisasi kepada para peserta, dan semua peserta yang terdaftar ada 500 orang dan melakukan penanaman di area Tambang Indocement.

“Ini menjadi awal yang baik bagi Indocement karena bisa mengedukasi dan mensosialisasikan bagaimana pentingnya pohon- pohon di tanam untuk melawan perubahan iklim”, ungkap Basuki.

Di katakan Basuki, “Quarry Open Day Bike To Nature di selenggarakan setiap tahun, tapi karena terkendala pandemi jadi tidak diselenggarakan sebelumnya, tapi awal kegiatannya di mulai sejak tahun 2018 lalu”, paparnya.

Lebih lanjut, Pohon yang di tanam hari ini ada 4 jenis, di antaranya Gaharu, Angsana, Durin dan Kedundung dengan target 500 peserta ikut menanam pohon.

Karena ini sebuah komunitas bersepeda, harapannya menjadi sebuah komunitas yang baru dan menjadi persahabatan, maka di lakukan pelepasan burung-burung yang merupakan khas Kalimantan seperti burung jalak, karuang, punai dan burung murai.

Salah seorang peserta dari Group Sungai Danau Hari Purnomo berharap kegiatan ini di laksanakan terus menerus setiap tahunnya, dengan rite yang cukup menantang tapi untuk posisi hujan bisa di alihkan ke jalur yang lebih baik.

“Quarry Open Day Bike To Nature saya dan teman-teman sangat maksimal mengikutinya”, ungkapnya.(HRB)

Penulis; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Doli M Tanjung Jabat Kapolres Kotabaru, Tri Suhartanto Jabat Kapolres Cimahi

KOTABARU,kabarOne.com-Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H. M.H pimpin upacara serah terima jabatan AKBP Doli M…

5 hours ago

Ketua Makamah Agung Lantik Enam Orang Ketua Pengadilan Tinggi

Jakarta ,Kabarone : Ketua Mahkamah Agung mengambil sumpah jabatan dan melantik enam orang Ketua Pengadilan…

9 hours ago

Proyek Saluran Cempaka Putih Layak “Dibongkar Ulang” Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Jakarta,Kabar One.com - Pekerjaan Nomalisasi Saluran Jl. Cempaka Putih Barat XIX dan Cempaka Putih Barat…

1 day ago

Belum Sepekan Menjabat, Nama Kajari Lamongan Rizal Edison Dicatut OTK untuk Penipuan

LAMONGAN,Kabar One.com- Belum genap sepekan menjabat, namanya sudah dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan…

1 day ago

Ahmad Lutfi Pamit di HUT Bhayangkara ke – 78, Tekankan Pengabdian Polri Kepada Jateng

SEMARANG,kabarone.com- Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pamit dalam perayaan HUT Bhayangkara…

1 day ago

Respon H. Isam, Jhonlin Group Salurkan 1 Miliar Untuk Korban Kebakaran Melalui Andi Rudi Latif

TANAH BUMBU,kabarOne.com- Kebakaran hebat yang terjadi di permukiman padat penduduk di RT 19 Gang Mawar…

2 days ago