Daerah

Stunting Tanggung Jawab Bersama, Bappeda Kotabaru Gelar Forum Group Discussion

KOTABARU,kabarOne.com- Forum Group Discussion (FGD) Penghapusan Kemiskinan dan Penurunan Stunting di Kabupaten Kotabaru di gelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotabaru di Ruang Rapat Lantai 3 Bapedda Kotabaru, Selasa 3/09/2023.

FGD ini dibuka oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Murdianto, M.Si, serta diisi dengan beberapa narasumber antara lain, dari Bapedda Kabupaten Kotabaru, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB, Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa).

Sambutan Sekda Kotabaru yang dibacakan oleh Drs. H. Murdianto, M.Si mengatakan, perlu dipahami bahwa kemiskinan ektrem dan stunting masih merupakan permasalahan bersama sesuai dengan Inpres Nomer 4 Tahun 2022 mengenai percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan PerPres Nomer 72 Tahun 2021 tentang penurunan stunting.

“Saat ini tanggung jawab bukan hanya menjadi tugas Pemerintah Pusat, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk Pemerintah Kabupaten sampai tingkat Desa,” ujar Murdianto.

Di jelaskan Murdianto, tingkat stunting di Kabupaten Kotabaru merupakan yang terbesar ke 2 di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu 31.6 persen dengan target 14 persen Tahun 2024 dan target penanggulangan Kemiskinan Ekstrem sebesar 0%.

” Hal ini menunjukkan komitmen keras dan kerja keras kita bersama dalam menjalankan program-program percepatan penurunan stunting dan penanggulangan kemiskinan ektrem di bumi Saijaan kita tercinta,” sebutnya.

Ia juga menghimbau untuk terus berkolaborasi, berinovasi dan merumuskan solusi yang tetap guna menjalankan program-program yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam upaya penanggulangan kemiskinan Ekstrim dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kotabaru.

Adapun laporan pelaksana FGD yang dibacakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Sosbudpem Rakhmawaty, SKM,. MM menyebutkan, tujuan FGD ini untuk menentukan strategi dan menyamakan persepsi agar dalam pelaksanaan intervensi terarah dan terpadu serta tepat sasaran.

” Tujuan kedua pemutakhiran data, penyasaran data, ketiga menentukan kebijakan dalam upaya pencegahan dan Penanggulangan Pemerintah Desa dan yang ketiga yakni upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem serta percepatan penurunan stunting melalui regulasi dan anggaran,” paparnya.

Hadir dalam diskusi beberapa SKPD terkait, antara lain Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB, Dinas Sosial, Capil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, serta Satgas Stunting Kotabaru, Camat dari 5 Kecamatan, yakni Pamukan Barat, Pamukan Utara, Sungai Durian, Kelumpang Tengah dan Kelumpang Utara beserta dengan Kepala Desa.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Kembangkan Bisnis di Indonesia, APTIKNAS Gelar Pameran Growtec pilihan yang tepat untuk masyarakat melihatnya

Jakarta ,Kabar One.com-Growtech Jakarta dan ProPak Indonesia didukung oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan berbagai…

2 hours ago

Pagelaran Wayang Kulit Momentum HUT M.A ke79 memaknaknai Cerita lakon Wahyu Cakraningrat.

JAKARTA, KABARONE :Acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk Sabtu malam tgl 31 Agustus 2024 sangat…

2 hours ago

Menyemarakan HUT MARI Ke 79 Pagelaran Wayang kulit Catatkan Rekor Muri Ki Dalang Dr Yanto Sampai Luar Negeri

JAKARTA,Kabar One.com : Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 79 Mahkamah Agung RI Tahun…

5 hours ago

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

7 hours ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

13 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

1 day ago