Daerah

KPU Dan Bawaslu Kotabaru Tanda Tangani NPHD, Bupati; Wujud Komitmen Pemkab Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilu dan Pilkada 2024 bersama Pemkab Kotabaru bertempat di Kantor Bupati Kotabaru, Senin 6/11/2023.

Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar mengatakan, bahwa hibah ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung kesuksesan pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Kotabaru.

” Bupati berharap agar dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 nanti dapat dijaga kejujuran, keadilan, keamanan dan ketertiban umum, kesehatan para personil atau petugas penyelenggara pemilu di lapangan, serta partisipasi masyarakat atau pemilih bisa meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kotabaru Hj. Melinda mengatakan, bahwa hibah ini merupakan amanah Pasal 166 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa pendanaan kegiatan Pemilu dibebankan pada APBD serta petunjuk pelaksanaannya berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.9.1/435/SJ tanggal 24 Januari 2023.

Setelah melalui proses panjang dari perencanaan, penyusunan anggaran, review, dan saat ini sudah sampai pada tahapan penandatanganan NPHD Hibah Dana Pilkada.

Melinda juga berharap agar penerima hibah memperhatikan ketentuan yang berlaku khususnya yang tercantum dalam NPHD, ketepatan sasaran dalam penyaluran anggaran serta memperhatikan ketepatan waktu dalam penyampaian pertanggung jawaban.

” Dalam hal ini Badan Kesbangpol Kotabaru akan terus memonitor realisasi kegiatan yang dilaksanakan dari para penerima hibah tersebut,” sebut Melinda.

Ditambahkan Ketua KPU Kotabaru Andi Muhammad Saidi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Bupati Kotabaru atas hibah anggaran Pilkada yg sangat memadai untuk penyelenggaraan proses demokrasi nanti dan akan merealisasikan dana tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai rencana kegiatan yang telah disusun secara transparan dan akuntabel.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

11 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

12 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

14 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

20 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

20 hours ago